Dark/Light Mode

Bukalapak Komit Dukung Kampanye Lifelong Learning UNESCO

Rabu, 19 Juli 2023 14:30 WIB
Bukalapak Komit Dukung Kampanye Lifelong Learning UNESCO

RM.id  Rakyat Merdeka - Bukalapak sebagai mitra digital platform di Program Kartu Prakerja berkomitmen untuk terus memfasilitasi lifelong learning baik skala nasional maupun internasional.

CEO BukaFinancial & Commerce Bukalapak Victor Lesmana mengatakan, pembelajaran sepanjang hidup (lifelong learning) telah menjadi sebuah gerakan yang dikampanyekan oleh Pemerintah Indonesia melalui Program Kartu Prakerja.

Bukalapak adalah salah satu perusahaan swasta yang terlibat dalam pelaksanaan Inclusive Lifelong Learning Conference (ILLC) atau Konferensi Pembelajaran Sepanjang Hidup Inklusif di Bali, awal bulan ini.

ILLC yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia melalui Prakerja bersama UNESCO Institute for Lifelong Learning (UIL).

“Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami tentunya dapat berpartisipasi di event berskala global seperti ILLC kemarin. Semoga kedepannya, kolaborasi kami dengan Prakerja bisa terus membawa banyak dampak positif lifelong learning buat angkatan kerja tanah air,” jelas Victor di Jakarta, Rabu (19/7).

Baca juga : Petani Papua Dukung Pembenahan Tata Kelola Sawit

Di ajang ILLC, Bukalapak membagikan informasi tentang berbagai inisiatif yang telah dilakukan perusahaan untuk mendukung gerakan pembelajaran sepanjang hidup.

Inisiatif-inisiatif ini mencakup program-program pelatihan bagi para pelapak, mitra Bukalapak, peserta, dan alumni Prakerja serta masyarakat umum.

Apa yang dilakukan Bukalapak tersebut sejalan dengan pidato penutupan ILLC Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketika itu Presiden Jokowi mengajak semua pihak termasuk swasta untuk terlibat dalam kampanye pembelajaran seumur hidup, mengingat Indonesia akan mengalami bonus demografi dalam waktu yang tidak lama lagi.

“Pengelolaan bonus demografi ini tidak bisa dilakukan sendirian dan membutuhkan kerja sama, kemitraan, dan kolaborasi dengan berbagai pihak dan juga masyarakat untuk menciptakan percepatan, bahkan lompatan dalam memperbaiki kualitas sumber daya manusia,” kata Jokowi.

Baca juga : Bamsoet Dukung Pembangunan Gedung Baru UNPERBA

Salah satu upaya Indonesia dalam menjawab tantangan tersebut adalah dengan menginisiasi Program Kartu Prakerja yang memanfaatkan keunggulan teknologi.

“Solusi percepatan peningkatan keahlian merupakan pembelajaran sepanjang hayat karena dapat diikuti oleh siapapun tanpa ada batasan," tambah Jokowi.

Program Kartu Prakerja yang lahir sejak 2020 memanfaatkan keunggulan teknologi untuk mempercepat peningkatan keahlian angkatan kerja di seluruh penjuru Indonesia.

Prakerja terbukti berdampak meningkatkan kebekerjaan sebesar 12 persen dan mengubah kebiasaan belajar dengan teknologi sebesar 90 persen.

Sebagai salah satu mitra digital platform Prakerja, Bukalapak senantiasa memanfaatkan kapabilitas teknologinya untuk memfasilitasi kebiasaan belajar ini.

Baca juga : Pengadaan Gerbong Kereta Sudah Urgent

Di Bukalapak, terdapat lebih dari 180 pelatihan daring dan luring yang diselenggarakan oleh 32 Lembaga Pelatihan (LP) Prakerja.

Topik pelatihan di Bukalapak bervariasi mulai dari penjualan dan pemasaran, fotografi, hospitality, pertanian, perkantoran umum, design, IT dan data, dan masih banyak lagi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.