Dark/Light Mode

Bertemu Mahfud, Gerakan Serikat Buruh Internasional Minta Dukungan Hentikan Kekerasan Di Myanmar

Rabu, 19 Juli 2023 20:59 WIB
Bertemu Mahfud, Gerakan Serikat Buruh Internasional Minta Dukungan Hentikan Kekerasan Di Myanmar

 Sebelumnya 
Direktur Eksekutif Hubungan Internasional The Japanese Trade Union Confederation (JTUC-RENGO) Yoshiko Norimatsu berbagi pengalaman bagaimana serikat buruh Jepang mendorong Pemerintah dan anggota parlemen terkait untuk menghentikan serangan brutal junta militer terhadap rakyat dan serikat pekerja di Myanmar.

Baca juga : Gerakan Serikat Buruh Internasional Dorong Indonesia Pulihkan Demokrasi Myanmar

Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Elly Silaban menyoroti pentingnya KTT ASEAN ke-43 di Jakarta pada September mendatang.

Baca juga : Luhut: OTT Semakin Sedikit Artinya Pencegahan Korupsi Makin Baik

Elly meminta agar Indonesia sebagai Ketua ASEAN menyerukan 3 poin utama dalam KTT yaitu, pertama, membentuk kantor tetap Utusan Khusus ASEAN untuk Myanmar yang masa jabatannya tidak bersamaan dengan Ketua ASEAN.

Baca juga : Prof. Tjandra: Kendalikan Flu Burung, Indonesia Bisa Manfaatkan Keketuaan ASEAN

Kedua, mengembangkan rencana implementasi dengan waktu tertentu yang diikuti dengan indikator terkait lima poin konsensus ASEAN. Yang terakhir membangun kolaborasi konkret dengan PBB, ILO, dan institusi internasional lainnya untuk dialog konstruktif terkait krisis Myanmar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.