Dark/Light Mode

Punya SDA Dan SDM Yang Melimpah

RI Jadi Negara Dengan Ekonomi Terkuat Dunia

Kamis, 20 Juli 2023 06:45 WIB
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Antara)
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak alasan kenapa Indonesia bakal menjadi negara dengan ekonomi terkuat dan berpendapatan tinggi. Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) dianggap bisa menopang untuk mewujudkan impian tersebut jika dikelola dengan baik.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid optimistis In­donesia bakal menjadi negara berpendapatan tinggi.

Baca juga : Model Cantik Karen Afralia Jalin Kedekatan Dengan Sekjen Partai Berkarya

Menurutnya, pengalaman negara-negara lain yang berha­sil mencapai status pendapatan tinggi, yakni pertumbuhan ekonomi stabil beriringan dengan pemerataan pembangunan akan menciptakan peningkatan pendapatan.

“Karena itu, beberapa upaya harus dilakukan mulai saat ini, yakni melakukan investasi pada kualitas SDM, baik melalui pendidikan maupun kesehatan serta infrastruktur sektor logis­tik,” ujar Arsjad kepada Rakyat Merdeka, belum lama ini.

Baca juga : OJK Dan KLHK Sepakati Kerja Sama Nilai Ekonomi Karbon

Selain itu, salah satu yang paling penting juga yakni mengakselerasi hilirisasi industri. Dengan melimpahnya keka­yaan SDA, Indonesia harus bisa mengolah dan meningkatkan nilai tambah, sehingga dapat menggeser struktur ekonomi yang saat ini berbasis konsumsi menjadi berbasis produksi.

“Hilirisasi akan memperbanyak lapangan pekerjaan, meningkatkan daya saing negara, sehingga dapat memajukan Indonesia,” kata Arsjad.

Baca juga : Teken, KLHK Dan USAID Bangun Kemitraan Iklim Dan Konservasi

Direktur Utama PT Indika Energy Tbk ini mengungkapkan, dengan banyaknya kekayaan SDA dan SDM, semakin menambah keyakinannya Indonesia bakal menjadi ekonomi besar di dunia.

Dia bilang, Indonesia me­nyimpan 30 juta ton cadangan nikel, 1,2 miliar ton cadangan bauksit, 3.700 Giga Watt (GW) potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) dan juga SDM dalam jumlah besar mencapai 190 juta penduduk produktif pada 2022. Dengan itu semua, Indonesia sangat berpotensi untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.