Dark/Light Mode

Teken, KLHK Dan USAID Bangun Kemitraan Iklim Dan Konservasi

Senin, 17 Juli 2023 20:07 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Siti Nurbaya dan Administrator USAID Samantha Power melakukan penandatangan peluncuran iklim baru dan kemitraan konservasi, Perjanjian Kerangka Kerja Bilateral FOLU Net Sink, Senin (17/7).
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Siti Nurbaya dan Administrator USAID Samantha Power melakukan penandatangan peluncuran iklim baru dan kemitraan konservasi, Perjanjian Kerangka Kerja Bilateral FOLU Net Sink, Senin (17/7).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama AS Agency for International Development (USAID) meluncurkan iklim baru dan kemitraan konservasi. 

Perjanjian Kerangka Kerja Bilateral FOLU Net Sink ditandatangani oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Siti Nurbaya, dan Administrator USAID Samantha Power. 

Kerja sama ini untuk memberikan dorongan yang signifikan bagi Indonesia mencapai tujuan Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030, yang pertama diresmikan oleh Presiden Jokowi pada konferensi COP26 di Glasgow pada November 2021 dan dikodifikasi oleh KLHK pada Maret 2022 ketika menerbitkan FOLU Operasional

Baca juga : Kadin Jaktim Audiensi Dengan Polres Jaktim, Minta Ciptakan Iklim Kondusif

"Perjanjian ini merupakan tindak lanjut yang signifikan terhadap Lembar Fakta Gedung Putih dibahas oleh Presiden Jokowi dan Presiden Biden selama pertemuan bilateral mereka di KTT G20 di Bali tahun lalu," kata Nurbaya dikutip Senin (17/7).

Menteri dari Partai NasDem ini menekankan, bahwa kesepakatan tersebut mencakup satu tingkat pendanaan iklim dukungan yang ditujukan untuk membantu Indonesia mencapai tujuan FOLU Net Sink 2030. Dan anggaran yang dibutuhkan diproyeksikan sebesar USD 14,57 miliar.

“Kesepakatan ini akan membantu mencegah degradasi hutan; merehabilitasi mangrove dan lahan gambut dan meningkatkan perlindungan satwa liar Indonesia yang luar biasa,” kata USAID Administrator Kekuatan, Samantha. 

Baca juga : Kadin, BSSN Dan PT SPARK Jalin Kerja Sama Perlindungan Informasi

Selain itu, kerja sama ini akan dibangun di atas pekerjaan Indonesia selama tujuh tahun terakhir untuk mengurangi deforestasi hampir dua pertiga. 

“Dan itu akan membantu melestarikan sumber daya vital yang ditawarkan hutan Indonesia di luar keindahan alamnya yang menakjubkan karbon yang menyerapnya akan sangat penting untuk menstabilkan iklim,” tambahnya.

Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Y Kim menambahkan, kerja sama ini memperkuat hubungan kemitraan untuk mendukung ketahanan berkelanjutan Indonesia terhadap perubahan iklim dan untuk meningkatkan konservasi serta keanekaragaman hayati, termasuk perlindungan ikon Indonesia
Spesies, seperti orangutan.

Baca juga : BCA Dukung UMKM Dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

“Di bawah Framework Agreement yang baru ini, USAID bertujuan untuk memberikan kontribusi hingga USD 50 juta selama lima tahun, untuk mendukung iklim FOLU Net Sink KLHK dan tujuan keanekaragaman hayati,” pungkasnya. ■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.