Dark/Light Mode

Punya SDA Dan SDM Yang Melimpah

RI Jadi Negara Dengan Ekonomi Terkuat Dunia

Kamis, 20 Juli 2023 06:45 WIB
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Antara)
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Selain itu, menurut Arsjad, di tengah melambatnya perekono­mian global dan menurunnya harga komoditas produk utama ekspor, perekonomian Indonesia pada triwulan I-2023 tumbuh 5,03 persen (year on year/yoy).

Pencapaian ini beriringan dengan tingkat kemiskinan yang berada pada level 9,57 persen pada September 2022 dan juga pengangguran terbuka hanya pada level 5,45 persen pada 2023.

Dari segi perdagangan, pada periode Januari hingga Mei 2023, Indonesia mengalami surplus hingga mencapai 16,48 miliar dolar AS.

Baca juga : Model Cantik Karen Afralia Jalin Kedekatan Dengan Sekjen Partai Berkarya

Sedangkan inflasi, terjaga pada level yang rendah dan stabil di tengah gejolak inflasi global. Hingga Juni 2023, inflasi Indonesia berhasil ditekan pada angka 3,52 persen yoy.

Karena itu, prospek pereko­nomian Indonesia baik dari segi produksi maupun konsumsi masih cukup kuat.

Untuk mencapai cita-cita terse­but, kata dia, perlu ada keselaras­an antara langkah yang diambil Pemerintah dan dunia industri.

Baca juga : OJK Dan KLHK Sepakati Kerja Sama Nilai Ekonomi Karbon

Kolaborasi antara Pemerintah dan swasta dalam hal kebijakan dan implementasi kebijakan, juga menjadi kunci penting keberhasilan pembangunan perekonomian nasional.

“Kadin sebagai rumah bagi para pelaku usaha berkomitmen membuka pintu kolaborasi dengan Pemerintah dalam mengger­akkan perekonomian nasional,” tuturnya.

Dia menekankan beberapa hal yang menjadi prioritas saat ini. Yakni meningkatkan ketahanan pangan, meningkatkan ketahanan kesehatan, meningkatkan nilai tambah industri melalui hiliri­sasi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta merancang ke­berlanjutan untuk mencapai target net zero carbon pada 2060.

Baca juga : Teken, KLHK Dan USAID Bangun Kemitraan Iklim Dan Konservasi

“Kadin berharap seluruh kom­ponen bangsa baik Pemerintah, dunia usaha, buruh dan pekerja, hingga pemuka agama, bersama-sama mendorong perekono­mian agar dapat mencapai target menjadi negara berpenghasilan tinggi,” harap Arsjad.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.