Dark/Light Mode

90 Persen Proyek Nasional Rampung

Erick Berhasil Dorong Kinerja BUMN Kinclong

Jumat, 21 Juli 2023 07:20 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan sambutan pada Pembukaan BUMN Fest 2023 di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/7/2023). (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan sambutan pada Pembukaan BUMN Fest 2023 di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/7/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kinerja Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) on the track. Hingga kini, 90 persen proyek nasional yang digarap perusahaan pelat merah sudah berhasil diselesaikan dengan baik. Sisanya, tahun depan dipatok rampung.

Hal tersebut disampaikan Men­teri BUMN Erick Thohir. Dia menargetkan, seluruh proyek atau 88 proyek nasional selesai pada 2024. Menurutnya, proyek nasional tersebut yang dikerja­kan sejak tahun 2021.

“Ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, yang mem­bantu menyelesaikan proyek nasional yang dikerjakan oleh BUMN,” ujar Erick di Jakarta, Selasa (18/7).

Baca juga : Gelar BUMN Fest 2023, Erick Genjot Kolaborasi Antar Klaster BUMN

Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ini menambahkan, selain mematok waktu penyelesaian proyek, pihaknya berharap BUMN bisa jadi perusahaan berdaya saing global. Target itu bisa dilihat dari BUMN yang tembus ke daftar Fortune 500, atau daftar 500 perusahaan dengan kapasitas besar di dunia.

“Kita mau dorong BUMN yang go global, setidaknya bu­kan supply chain saja, namun posisikan kita jadi benteng ekonomi nasional. Dan posisi BUMN ini baik di kancah global,” tegasnya.

Dikatakan Erick, saat ini 70 perusahaan dari China masuk Fortune 500. Dari jumlah terse­but sekitar 40 di antaranya peru­sahaan pelat merah. Sementara dari Indonesia baru 7 perusahaan, dan 5 di antaranya BUMN.

Baca juga : Erick: Ini Apresiasi, Sekaligus Motivasi Bagi Kementerian BUMN

“Kami targetkan 10 tahun ke depan setidaknya harus ada 10 lagi (BUMN yang masuk For­tune 500),” ucapnya.

Ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pahala Man­sury atas jasanya menjalankan tugas sebagai Wakil Menteri BUMN I sejak 2021.

Menurutnya, Pahala berperan besar dalam melakukan percepa­tan penyelesaian proyek-proyek tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.