Dark/Light Mode

90 Persen Proyek Nasional Rampung

Erick Berhasil Dorong Kinerja BUMN Kinclong

Jumat, 21 Juli 2023 07:20 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan sambutan pada Pembukaan BUMN Fest 2023 di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/7/2023). (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan sambutan pada Pembukaan BUMN Fest 2023 di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (17/7/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Saya berterima kasih ke Pak Pahala, percepatan terjadi, sehingga terus bisa capai target sesuai pada 88 proyek nasional ini,” sebutnya.

Diketahui, Pahala digeser menjadi Wakil Menteri Luar Negeri. Sementara posisi Pahala digantikan oleh Rosan Roeslani yang sebelumnya menjabat se­bagai Dubes RI untuk Amerika Serikat (AS).

Sebagai informasi, salah satu proyek nasional yang dilakukan BUMN adalah PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Per­sero) atau PII, yang memberikan penjaminan kepada 49 proyek dengan nilai investasi hingga Rp 550 triliun sepanjang 2022. Terdapat kenaikan nilai eksposur penjaminan sebesar 16 persen.

Baca juga : Gelar BUMN Fest 2023, Erick Genjot Kolaborasi Antar Klaster BUMN

Selain itu, PII mampu mem­pertahankan kinerja pendapatan serta mendorong pertumbuhan laba bersih pada 2022, dengan mencatatkan pendapatan sebesar Rp 1,09 triliun, naik 18 persen dari tahun sebelumnya.

Direktur Utama PII Wahid Sutopo mengatakan, sepanjang 2022, PT PII memiliki beberapa inisiatif strategis yang menjadi fokus utama. Salah satunya da­lam bisnis penjaminan.

Dalam bisnis ini, PII melaku­kan perluasan penjaminan ke sektor baru. Antara lain kon­servasi energi, perhubungan darat dan Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata).

Baca juga : Erick: Ini Apresiasi, Sekaligus Motivasi Bagi Kementerian BUMN

Soal ini, Pengamat BUMN Rizki Yoctavian mengakui, Menteri Erick berhasil mendorong perusahaan pelat merah mencatatkan kinerja positif.

Hal tersebut terlihat dari sum­ber dividen berasal dari kinerja BUMN tahun 2022. Sebagai perbandingan, tahun 2021 dividen BUMN yang disetor ke negara mencapai Rp 39,7 triliun. Sementara dividen 2022 sebesar Rp 80,2 triliun.

“Ini merupakan buah dari kerja keras yang sangat fokus semua insan BUMN di bawah kementerian BUMN yang dipimpin Erick Thohir,” jelas Rizki kepada Rakyat Merdeka.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.