Dark/Light Mode

Pelayanan Harus Ditingkatkan

Erick Thohir Dorong BSI Perkuat Keamanan IT

Rabu, 10 Mei 2023 14:44 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir mendorong PT Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

Erick juga meminta BSI, untuk memperbaiki kualitas keamanan IT. Agar gangguan terhadap aplikasi atau mobile banking dan jaringan BSI, tidak terulang kembali.

BSI merupakan tonggak bersejarah dalam perbankan nasional. Hasil merger terbukti sukses membawa BSI ke peringkat enam perbankan di Indonesia.

Baca juga : Erick Thohir: Solusi Program Bersih-Bersih Itu Nyata

Erick meyakini, BSI dapat menjadi bank nomor lima di Indonesia.

"Tentu tidak cukup keberpihakan.Tidak cukup juga kinerja yang makin bagus. Pelayanannya juga harus ditingkatkan," ujar Erick di Cafe dan Money Changer Marina Bay, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5).

Erick menyampaikan, gangguan di kanal perbankan BSI tempo hari, merupakan bagian dari proses transisi sistem IT BSI.

Baca juga : Dipuji Cetak Sejarah Dividen BUMN, Nama Erick Thohir Semakin Bersinar

Namun di sisi lain, Erick tak menampik adanya kemungkinan serangan terhadap sistem IT BSI.

"Ada serangan, saya bukan ahlinya. Ada tiga poin apalah itu, sehingga mereka down hampir satu hari. Saya pantau Pak Dirut dan timnya ada di sana. Terbukti, kemarin pagi atau sore  kalau tidak salah, sistem ATM-nya mulai jalan," papar Erick.

Perbaikan sistem IT merupakan bagian dari transformasi BUMN. Erick optimistis, manajemen BSI dapat meningkatkan keamanan dan layanan kepada masyarakat.

Baca juga : Menulis Tangan Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak Dan Daya Ingat Anak

Tiga hari sebelum muncul gangguan pada jaringan BSI, Erick baru saja bertemu Direktur Utama BSI Hery Gunardi.

Kala itu, Hery menyampaikan soal rencana dan strategi pengembangan IT BSI. Erick pun berencana akan menjajaki kerja sama, untuk pengembangan BSI dengan sejumlah investor Qatar.

"Pak Tiko (Wamen BUMN) akan roadshow mengenai BSI. Saya pun ke Doha (Qatar) nanti malam ketemu beberapa investor dari Qatar. Kita coba perkuat basis pendanaan di BSI," pungkas Erick. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.