Dark/Light Mode

Sah, Pertamina Dan Petronas Masuk Blok Masela

Rabu, 26 Juli 2023 14:36 WIB
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. (Foto: Dok SKK Migas)
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. (Foto: Dok SKK Migas)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang bekerjasama dengan Petronas yang mengakuisisi 35 persen Participating Interest (PI) milik Shell Upstream Overseas Services Ltd (SUOS) di Blok Masela.

PHE mengambil alih 20 persen PI dan Petronas 15 persen PI. Masuknya Pertamina dan Petronas diharapkan dapat mengakselerasi proyek Blok Masela yang berjalan lambat sejak disetujuinya Revisi Pertama POD Masela di 2019.

Baca juga : Dirut Pertamina Pastikan Pasokan LPG 3 Kg Aman

Penandatanganan perjanjian jual beli kepemilikan Blok Masela dilakukan Selasa (25/7), oleh Direktur Utama PHE Wiko Migantoro, Authorized Representative Petronas Masela Sdn. Bhd. (PMSB) Datuk Adif Zulkifli, dan Director Finance for Acquisition Divestment and NBD Asia Pacific Shell Kuo Tong Soo.

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif, Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Baca juga : Sah! Pertamina Dan Petronas Beli 35 Persen Saham Blok Masela Dari Shell

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengapresiasi penandatanganan pengambilalihan PI Blok Masela.

Dwi menyebut, Blok Masela memiliki peran strategis dalam industri hulu migas nasional. Dan Blok Masela menjadi salah satu tulang punggung dalam meningkatkan produksi minyak dan gas untuk mendukung keberlanjutan pembangunan dan tumbuhnya industri nasional pengguna gas di tanah air.

Baca juga : Stok Aman, Pertamina Patra Niaga Pastikan Penyaluran LPG Subsidi Berjalan Normal

Dwi mengatakan, Blok Abadi Masela memiliki cadangan gas yang luar biasa, saat ini adalah yang terbesar di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.