Dark/Light Mode

Hadiri EMEAP, BI Dorong Pelaku Industri Transisi Menuju Keuangan Hijau

Kamis, 27 Juli 2023 12:14 WIB
Pertemuan para Gubernur Bank Sentral yang tergabung dalam Executives Meeting of East Asia Pacific Central Banks (EMEAP) di Yokohama Jepang, Senin (24/7). (Foto: Dok. BI)
Pertemuan para Gubernur Bank Sentral yang tergabung dalam Executives Meeting of East Asia Pacific Central Banks (EMEAP) di Yokohama Jepang, Senin (24/7). (Foto: Dok. BI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para Gubernur Bank Sentral yang tergabung dalam Executives Meeting of East Asia Pacific Central Banks (EMEAP) menyepakati pentingnya peran bank sentral dalam memfasilitasi proses transisi secara bertahap dalam mencapai keuangan yang berkelanjutan (sustainable finance).

Pertemuan tahunan tersebut diselenggarakan pada 28th EMEAP Governors Meeting yang diselenggarakan di Yokohama, Jepang, Senin (24/7).

Baca juga : IAIB Dorong Penguatan Peran dan Efektivitas Audit Intern Di Industri Jasa Keuangan

Dalam forum ini para Gubernur Bank Sentral juga bertukar pandangan mengenai perkembangan pemulihan ekonomi dan sistem keuangan terkini, baik di domestik maupun kawasan, di tengah berbagai tantangan ketidakpastian.

Anggota Dewan Gubernur BI Filianingsih Hendarta yang mewakili kehadiran Gubernur BI menyampaikan, bank sentral memiliki peran yang strategis dalam upaya mendukung terwujudnya ekonomi yang berkelanjutan.

Baca juga : Menarik! Ini Strategi Pemasaran Untuk Menangkan Hati Konsumen

“Berbagai upaya yang dilakukan baik secara langsung oleh BI maupun hasil sinergi antara BI dengan Kementerian/Lembaga terkait, guna mendorong pelaku usaha dan industri untuk bertransisi menuju keuangan hijau,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (27/7).

Filianingsih membeberkan, beberapa upaya tersebut antara lain, bersinergi dengan otoritas terkait dalam merumuskan berbagai kebijakan dan insentif untuk mendorong pelaku industri untuk bertransisi menuju keuangan hijau.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.