Dark/Light Mode

Teken 8 Kesepakatan Dengan Xi Jinping

Jokowi Rayu Pengusaha China Investasi Di IKN…

Sabtu, 29 Juli 2023 06:45 WIB
Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping menekan delapan kesepakatan. Salah satunya, Negeri Tirai Bambu akan membuka keran impor tepung porang asal Indonesia.

Jokowi melakukan kunjungan kerja ke China. Kunjungan ini dilakukan bertepatan dengan 10 tahun kemitraan strategis kom­prehensif Indonesia-China.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, Jokowi melangsungkan per­temuan bilateral dengan Jinping di Chengdu, China.

Baca juga : PPP Konsolidasi Di IKN

“8 kesepakatan tersebut ada­lah, plan of action dari kesepakatan kesehatan, protokol pembukaan akses pasar produk pertanian tepung porang, ser­ta protokol pembukaan akses pasar produk pertanian, bubuk tabasheer,” kata Retno dalam YouTube Sekretariat Presiden (Setpres), (27/7),

Selanjutnya, papar Retno, kesepakatan melakukan riset dan pengembangan industri plant breeding dan budidaya laut, kerja sama saling tukar penge­tahuan dan pengalaman untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), kerja sama Two Countries Twin Parks, kerja sama ekonomi dan teknis serta kerja sama pen­didikan bahasa Mandarin.

Retno mengatakan, China merupakan mitra dagang terbesar Indonesia. Pada tahun 2022, nilai perdagangan Indonesia-China mencapai lebih dari 133 miliar dolar Amerika Serikat (AS) dengan posisi Indonesia surplus.

Baca juga : Dubes Jose Tavares Ajak Pengusaha Rusia Investasi Di IKN

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga meminta, China lebih banyak membuka akses pasar untuk produk Indonesia.

“Bapak Presiden menyambut baik penandatanganan protokol impor. Impor dalam hal ini, China impor tepung porang dan bubuk tabasheer. Juga mendorong pembaruan protokol dan peningkatan kuota impor sarang burung walet, dan penyelesaian protokol impor produk hasil laut Indonesia,” papar Retno.

Selanjutnya di bidang keseha­tan, lanjut Retno, menghasilkan 9 Memorandum of Understanding (MoU) di sektor swasta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.