Dark/Light Mode

Dukung UMKM Go Global, YUKK Payment Gateway Kampanyekan QRIS

Minggu, 6 Agustus 2023 07:26 WIB
YUKK Payment Gateway mendorong masyarakat Indonesia untuk terus menggunakan layanan QRIS. (Foto: Istimewa)
YUKK Payment Gateway mendorong masyarakat Indonesia untuk terus menggunakan layanan QRIS. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) terus melakukan kampanye tentang penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) kepada masyarakat, baik pedagang maupun pembeli.

BI juga menggandeng Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dalam melakukan berbagai upaya sosialisasi dan edukasi tentang manfaat sistem pembayaran digital ini hingga ke pelosok daerah.

Pada akhir Desember 2023, BI menargetkan pengguna QRIS bertambah menjadi 45 juta pengguna.

Salah satu PJSP yang digandeng dan didukung untuk mendorong masyarakat menggunakan QRIS adalah YUKK Payment Gateway.

Baca juga : Menko Airlangga Dorong UMKM Go Global, Pemerintah Siap Fasilitasi ke Australia

“YUKK Payment Gateway mendorong masyarakat Indonesia untuk naik kelas menjadi cashless society. Tidak usah repot-repot lagi menggunakan uang cash. Sekarang kita cukup scan QRIS,” ujar Co-founder dan Chief Marketing Officer PT Yukk Kreasi Indonesia, Ngo Agustino dalam Table & Kitchenware Fair 2023 di Emporium Pluit Mall, Jakarta Utara, Sabtu (5/8).

Agustino menambahkan dengan QRIS, transaksi menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih aman.

Dalam dua tahun terakhir ini, Agustino mengatakanYUKK Payment Gateway gencar mendorong masyarakat, baik para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), maupun para pembeli/pelanggan, untuk melakukan pembayaran secara digital.

Hal ini dilakukan, salah satunya, dengan bekerja sama dengan para penyelenggara acara (event organizer/eo) untuk menggelar berbagai festival.

Baca juga : Dukung UMKM Go Digital, KoinWorks Bentuk Departemen Impact And ESG

“Apa yang kami lakukan ini sebenarnya sejalan dengan blueprint sistem pembayaran yang digalakkan Bank Indonesia. Sejak 2019 lalu, Bank Indonesia mendorong masyarakat menggunakan QRIS karena digitaliasi sistem pembayaran seperti ini akan membuat ekonomi kita tumbuh," ujar Agustino.

Lebih lanjut Agustino mengatakan tahun ini, YUKK Payment Gateway menetapkan target nilai transaksi dari berbagai festival yang digelar mencapai Rp 145 miliar. Hingga Juni lalu, target itu sudah tercapai 50 persen.

“Kami optimistis bahwa target ini tercapai. Dalam berbagai event yang kami support, kami melihat bahwa nilai transaksi dengan QRIS terus bertambah. Berarti makin banyak masyarakat yang menggunakan QRIS,” ujar Agustino.

Ia menerangkan, YUKK Payment Gateway menyasar pelaku UMKM menjadi partner merchant. Layanan yang disediakan seperti transfer bank, virtual account, kartu kredit/debit, e-Money, dompet digital, QRIS, dan pembayaran secara langsung di Alfamart, Indomaret, dan Pos Indonesia.

Baca juga : Elnusa Dukung PHM Dongkrak Produksi Gas dari Lapangan Sisi Nubi

"Dengan menyediakan infrastruktur digital yang mumpuni, kami mendorong para pelaku UMKM untuk bisa dengan mudah menembus pasar global," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.