Dark/Light Mode

Langkah PPPOMN Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani

Rabu, 9 Agustus 2023 19:34 WIB
PPPOMN. (Foto: Ist)
PPPOMN. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN) guna mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) salah satunya melalui peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pada tahun 2022, PPPOMN telah mendapatkan predikat Pelayanan Prima dalam penyelenggaraan Pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Berdasarkan penilaian Ombudsman RI Tahun 2022, PPPOMN juga mendapatkan penghargaan sebagai Unit Pelayanan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik.

Predikat pelayanan prima diberikan berdasarkan nilai Indeks Pelayanan Publik.

Baca juga : Jangan Berpikir Koperasi Identik dengan Pelanggaran

Upaya pengukuran sistematis pada suatu unit kerja dalam jangka waktu tertentu guna memperoleh nilai indeks pelayanan publik adalah melalui kegiatan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP). Tahun 2023, PPPOMN menjadi perwakilan BPOM sebagai Unit Lokus Evaluasi PEKPPP Kategori Layanan Barang mengingat PPPOMN merupakan satu-satunya unit penyelenggara pelayanan publik yang memberikan layanan berupa barang diantaranya baku pembanding kimia, baku mikroba dan hewan uji.

PPPOMN telah mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari KemenPAN-RB pada tahun 2020. Predikat selanjutnya yang ingin dicapai PPPOMN adalah WBBM. Tidaklah mudah untuk mendapatkan predikat WBBM, dibutuhkan komitmen dan usaha serta kerja sama untuk merealisasikan PPPOMN menjadi WBBM.

WBBM merupakan predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan enam area perubahan program reformasi birokrasi (Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik) serta telah mampu mencegah KKN dan bisa memberikan pelayanan prima.

Baca juga : Di UGM, Menteri Basuki Beri Motivasi Kepada Mahasiswa Baru

Layanan PPPOMN kini bertransformasi menjadi layanan digital satu pintu melalui website https://INFALABS.POM.GO.ID. INFALABS (Indonesian FDA Laboratory Services) berhasil menjadi terobosan untuk menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Layanan yang bersifat konvensional bertransformasi menjadi layanan digital dimana pelanggan dapat memperoleh ketujuh layanan PPPOMN hanya dalam genggaman.

Jenis layanan yang disediakan PPPOMN merupakan layanan yang masih terbatas di Indonesia (tidak banyak yang menyediakan layanan yang sama), namun banyak diminati oleh pelanggan sepanjang tahun.

INFALABS memberikan dampak kemudahan bagi stakeholder yang berasal dari Industri Swasta, Mahasiswa/Peneliti, maupun Instansi Pemerintah. Sebelum aplikasi INFALABS dikembangkan, pelanggan harus menunggu konfirmasi ketersediaan stok (baku pembanding, baku mikroba dan hewan uji) melalui telepon atau datang langsung.

Baca juga : Gardu Ganjar Gelar Bersih-Bersih Di Serang Untuk Cegah DBD

Saat ini, proses pemesanan dilakukan menggunakan formulir digital. Pelanggan dapat langsung mengakses ketersediaan barang melalui INFALABS, klik sesuai yang dibutuhkan, lakukan pembayaran, jasa ekspedisi akan mengantarkan barang yang dibutuhkan pelanggan sampai ke alamat pelanggan.

Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan, PPPOMN juga sedang mengembangkan aplikasi pelulusan lot vaksin yang nantinya akan dapat diakses oleh customer melalui INFALABS. Customer tidak lagi harus menyerahkan dokumen-dokumen dalam bentuk hardcopy yang sangat banyak dan tidak harus datang langsung ke gedung pelayanan PPPOMN. Hal ini juga membuktikan komitmen PPPOMN terkait kepedulian terhadap lingkungan.

Selain itu, melalui aplikasi ini kedepannya jenis vaksin yang telah mendapatkan sertifikat pelulusan dari PPPOMN dapat diketahui oleh publik secara realtime. PPPOMN berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan publik sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh layanan sesuai kebutuhan dan harapan, yaitu meliputi layanan penyediaan baku pembanding kimia, penyediaan baku mikroba, penyediaan hewan uji, pengujian Obat dan Makanan, pelulusan bets/lot vaksin, uji profisiensi, kalibrasi, dan pelatihan teknis laboratorium.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.