Dark/Light Mode

Adira Finance Kantongi Pembiayaan Baru Rp 20,4 T Di Semester I

Sabtu, 12 Agustus 2023 15:50 WIB
Paparan kinerja Adira Finance. (Foto: Ist)
Paparan kinerja Adira Finance. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Adira Finance mencatatkan pertumbuhan pembiayaan baru menjadi sebesar Rp 20,4 triliun di semester I-2023.

“Dengan demikian, piutang pembiayaan yang dikelola Perusahaan (termasuk pembiayaan bersama) pada Juni 2023 mencapai Rp 50,9 triliun, meningkat 24 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya,” ujar Presiden Direktur Adira Finance, Dewa Made Susila seperti dikutip Sabtu (12/8).

Di samping itu, Adira Finance juga terus mendorong pertumbuhan penyaluran pembiayaan baru syariah di sepanjang semester I-2023. Pembiayaan baru syariah tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 42 persen menjadi Rp 4,3 triliun, atau mewakili 21 persen dari total pembiayaan baru Perusahaan.

Baca juga : Perhimpunan Rakyat Progresif Berkibar Di Sumatera Barat

Saat ini, Adira Finance memiliki produk pembiayaan AMANAH (Adira Multi Dana Syariah), yaitu fasilitas pembiayaan multiguna yang berlandaskan prinsip syariah. Selain itu, bagi masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah Umrah, Adira Finance memiliki produk pembiayaan Syariah Umrah yang menggunakan akad murabahah (jual beli) melalui travel umrah lokal dan nasional dari mitra Adira Finance yang terpercaya.

Seiring dengan antusiasme masyarakat terhadap kendaraan listrik yang terus meningkat dan guna mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, Adira Finance telah menyediakan pembiayaan kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda motor listrik dan mobil listrik dari beberapa produsen beragam merek. Hingga Juni 2023, pembiayaan kendaraan listrik telah meningkat siginifikan dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Terkait jaringan usaha, per 30 Juni 2023 Adira Finance telah mengoperasikan 464 jaringan usaha di seluruh Indonesia dengan didukung sekitar 17 ribu karyawan, untuk melayani sekitar 1,9 juta konsumen.

Baca juga : Sukses Transformasi, PIS Cetak Laba Rp 2,1 T Pada Semester I-2023

Dari sisi keuangan, pada semester I-2023, Adira Finance kembali berhasil membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 24 persen menjadi sebesar Rp 818 miliar terutama didorong meningkatnya total pendapatan sebesar 10 persen menjadi Rp 4,5 triliun seiring dengan tumbuhnya kinerja pembiayaan Perusahaan. Dengan demikian, Return on Asset (ROA) dan Return on Equity (ROE) Perusahaan masing-masing menjadi 8,1 persen dan 16,6 persen.

Dari sisi pendanaan, Perusahaan terus melakukan diversifikasi sumber pendanaannya melalui dukungan berkelanjutan dari pembiayaan bersama dengan Perusahaan induknya, Bank Danamon, dan memperoleh pinjaman eksternal yang meliputi pinjaman bank dan obligasi. Per posisi Juni 2023, Pembiayaan Bersama mewakili 46 persdn dari piutang yang dikelola. 

Sementara itu, total pinjaman Perusahaan pada Juni 2023 tercatat meningkat sebesar 34,7 persen menjadi Rp 14,9 triliun, terdiri dari pinjaman bank baik dalam negeri dan luar negeri dan obligasi, & sukuk masing-masing memberikan kontribusi 70 persen : 30 persen. Hasilnya, gearing ratio stabil yaitu sebesar 1,5 kali. Pada Juli 2023, Perusahaan telah menerbitkan Obligasi PUB VI Tahap I dan Sukuk Mudharabah V Tahap I tahun 2023 senilai Rp 2,0 triliun dengan oversubscribe 2,3x. 

Baca juga : Mentan Genjot Peremajaan Sawit Di Sumut

Di tahun 2022, penjualan industri ritel sepeda motor baru dan mobil baru masing-masing tercatat mencapai 5,3 juta unit dan 1,0 juta unit. Oleh karena itu, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) memproyeksikan penjualan motor nasional sekitar 5,6 juta unit—5,8 juta unit. 

Sementara Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) memproyeksikan target penjualan mobil pada 2023 sekitar 1.05 juta unit. Sehingga pada tahun 2023, Adira Finance menargetkan pembiayaan baru dapat tumbuh 14-20 persen dengan mempertimbangkan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang masih cukup kuat sekitar 5 persen didukung oleh peningkatan konsumsi masyarakat, sektor pariwisata, dan kinerja ekspor yang kuat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.