Dark/Light Mode

Produksi Gabah Dalam Negeri Merosot

Bulog Kebut Impor Beras

Selasa, 15 Agustus 2023 07:20 WIB
Direk­tur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto. (Foto: Perum Bulog)
Direk­tur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog Mokhamad Suyamto. (Foto: Perum Bulog)

 Sebelumnya 
Ia menegaskan, pihaknya telah melakukan upaya mitigasi dengan menyerap gabah atau beras hasil petani dalam negeri sebanyak-banyaknya.

Realisasi penyerapan sampai 10 Agustus 2023 sudah menca­pai 780 ribu ton.

Di samping itu, pihaknya melakukan percepatan realisasi impor, sesuai penugasan yang diberikan Pemerintah.

Selain memaksimalkan penyerapan produksi dalam negeri, pihaknya juga berkoordinasi se­cara intens dengan negara pengim­por untuk percepatan kedatangan beras impor ini ke Indonesia.

Baca juga : Wamenkumham: Belanja Produk Dalam Negeri Harus Terus Digelorakan

“Saat ini sudah terealisasi se­banyak 1,6 juta ton,” tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya terus memaksimalkan seluruh instrumen sebagai langkah anti­sipasi menghadapi El Nino. Ser­ta untuk menjamin ketersediaan dan keterjangkauan pangan dengan melibatkan kelompok tani, penggilingan tradisional dan para stakeholder lainnya.

Pihaknya juga terus berkoor­dinasi dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah (Pemda) guna menjaga pemerataan ketersediaan stok.

“Menyikapi dampak El Nino ini, masyarakat jangan khawatir. Stok beras yang dikuasai Bulog saat ini mencapai 1,33 juta ton,” katanya.

Baca juga : Mega-Prabowo Bagai Keluarga

Di samping itu, proses penyerapan produksi dalam negeri juga masih terus dilakukan dan masih ada sisa kontrak. Sisa kuota impor beras akan terus diupayakan bisa didatangkan lebih cepat ke Indonesia.

“Bulog terus menjamin kebu­tuhan pangan, khususnya beras akan terus tersedia, terutama dalam kondisi rawan seperti saat ini,” sambungnya.

Ia meyakini, kebijakan Pe­merintah untuk mengimpor beras melalui Perum Bulog akan semakin memperkuat stok cadangan beras Pemerintah.

“Hal ini dipastikan, mem­berikan dampak untuk men­jaga stabilisasi harga beras dan menyikapi dampak El Nino,” pungkasnya.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Makeup Artist Bareng Perempuan Milenial

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 15/8/2023 dengan judul Produksi Gabah Dalam Negeri Merosot, Bulog Kebut Impor Beras

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.