Dark/Light Mode

Diikuti Ratusan Pelaku Usaha, IEC 2023 Siap Jaring UMKM Berskala Global

Selasa, 15 Agustus 2023 17:29 WIB
Indonesia Entrepreneur Challenge (IEC) 2023 yang digelar di Jakarta, Selasa (15/8). (Foto: Dwi Ilhami/Rakyat Merdeka)
Indonesia Entrepreneur Challenge (IEC) 2023 yang digelar di Jakarta, Selasa (15/8). (Foto: Dwi Ilhami/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Dukungan pun disampaikan Mendag Zulkifli Hasan, yang meyakini kegiatan IEC akan mendorong UMKM naik kelas serta lebih berdaya saing di pasar internasional.

“Kita akan terus mendukung pengembangan bisnis UMKM agar pelaku usaha lokal dapat memasuki pasar global,” Mendag. 

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Koperasi Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Fiki Satari turut mengapresiasi hadirnya IEC yang sesuai dengan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meningkatkan rasio kewirausaan hingga 3,95 persen.

“Ini menjadi isu yang sangat penting. Di mana dari 64 juta pelaku UMKM, didominasi usaha mikro, dan usaha menengah dan kecilnya hanya di bawah 4 persen," ujar Fiki.

Menurutnya, rasio kewirausahaan tumbuh dengan meningkatkan segala aspek dan pihak untuk mencapai target tersebut.

Fiki mengatakan, Indonesia perlu mencetak wirausaha unggul di produk unggulan domestik, mengingat cakupan wilayah Tanah Air yang sangat luas.

Baca juga : Congress of Indonesian Diaspora 2023, BNI Dorong UMKM Tembus Pasar Global

“Pelaku UMKM yang mulai concern kepada EBT, maupun future SMEs, akan menjadi champion UMKM Indonesia,” ujarnya.

Proses Kurasi Hingga Penjurian

Sejak awal Juni 2023 lalu, Tempo Media Group telah membuka pendaftaran IEC melalui situs resmi serta media sosial.

Selain itu, panitia juga berkomunikasi dengan Pemerintah Daerah, serta sejumlah kementerian dan lembaga swasta untuk menjaring bibit-bibit UMKM yang berpeluang mendapatkan penghargaan ini.

Proses kurasi untuk menyeleksi peserta yang layak maju ke tahap penilaian selanjutnya akan berjalan hingga pertengahan Agustus 2023.

Penjurian final akan melibatkan dewan juri yang andal dan kompeten di bidangnya.

Baca juga : Peringkat 141, Pertamina Satu-satunya Perusahaan RI Di Fortune Global 500

Mereka adalah CEO Tempo Digital Wahyu Dhyatmika, Mendag Zulkifli Hasan, Menkop UKM Teten Masduki, Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, dan CEO Orbitin.id Jimmy Gani.

“Apresiasi ini akan menjadi awal dari proses inkubator dan pendampingan lebih lanjut, agar kelak muncul pelaku UMKM yang benar-benar siap masuk ke pasar global,” ucap Wahyu.

Semua peserta akan dinilai berdasarkan kreativitasnya dalam menciptakan dan mengembangkan usaha, pencapaian omzet dan laba usaha, penggunaan strategi pemasaran yang unik dan tepat, serta penerapan sistem digital dalam skema produksi, perencanaan, dan pemasaran jasa atau barang.

“Selain itu, penilaian terhadap peserta juga mencakup dampak usaha mereka bagi lingkungan dan masyarakat, dalam konteks Sustainable Development Goals (SDGs),” jelasnya.

Pada seleksi tahap pertama, dewan juri menjaring 200 pelaku usaha dari keseluruhan peserta. Pada tahap kedua, seleksi akan dikerucutkan menjadi 100 peserta.

Ke-100 peserta yang lolos seleksi tahap kedua ini berhak mengikuti pelatihan untuk mempersiapkan mereka memasuki babak penjurian final.

Baca juga : Lewat Bazar, BNI Dorong UMKM Go Global

Setelah melewati rangkaian seleksi, akan terpilih para pemenang dalam sejumlah kategori. Pelaku usaha yang berhasil menjadi juara akan menerima hadiah total Rp 100 juta dan trofi.

Pengumuman pemenang akan disampaikan dalam acara Malam Penghargaan IEC 2023 pada 31 Agustus di Jakarta.

Selain menerima hadiah, para pemenang akan memperoleh kesempatan tampil dalam pameran Trade Expo Indonesia dan mengikuti proses inkubasi untuk menuju fase pengembangan usaha selanjutnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.