Dark/Light Mode

Diikuti Ratusan Pelaku Usaha, IEC 2023 Siap Jaring UMKM Berskala Global

Selasa, 15 Agustus 2023 17:29 WIB
Indonesia Entrepreneur Challenge (IEC) 2023 yang digelar di Jakarta, Selasa (15/8). (Foto: Dwi Ilhami/Rakyat Merdeka)
Indonesia Entrepreneur Challenge (IEC) 2023 yang digelar di Jakarta, Selasa (15/8). (Foto: Dwi Ilhami/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Ketua Dewan Juri IEC Wahyu Dhyatmika menjelaskan, Tahun ini, IEC didukung Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta platform inkubator wirausaha yang juga bagian dari Tempo Media Group yakni Orbitin.id.

“Kegiatan tahunan ini merupakan bagian dari ikhtiar Tempo dan mitra strategisnya untuk mengapresiasi pencapaian para pelaku UMKM yang telah berinovasi dan berjuang mengembangkan manajemen, produk, pemasaran hingga penjualan bisnisnya,” ucap Wahyu.

Sejak awal, IEC memang didesain sebagai bagian dari program bersama masyarakat dan Pemerintah, untuk meningkatkan kualitas UMKM serta merangsang tumbuhnya pelaku usaha baru.

Baca juga : Congress of Indonesian Diaspora 2023, BNI Dorong UMKM Tembus Pasar Global

Peran UMKM jelas penting bagi perekonomian Indonesia lantaran kontribusinya terhadap capaian produk domestik bruto (PDB) dan pembukaan tenaga kerja, yang amat besar.

Berdasarkan data Kemenkop UKM, jumlah pelaku UMKM di seluruh Indonesia kini mencapai 65,4 juta. Dari sisi serapan tenaga kerja, UMKM menyerap sebesar 116.978.631 orang, atau sebesar 97 persen dari total tenaga kerja di Indonesia.

Dengan kondisi semacam itu, jelas UMKM diakui sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia.

Baca juga : Peringkat 141, Pertamina Satu-satunya Perusahaan RI Di Fortune Global 500

Ajang IEC kali ini diikuti oleh ribuan pelaku UMKM dari berbagai provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia.

Tahun ini, setiap pemerintah daerah memang bisa mengajukan calon peserta yang diunggulkan untuk memenangkan berbagai kategori.

Selain terbagi dalam dua kelompok usia, yakni pelaku usaha berusia 18-35 tahun dan di atas 45 tahun, peserta juga mewakili berbagai kategori bisnis, seperti fesyen, digital, agrobisnis, kuliner, perawatan tubuh, otomotif, pendidikan, teknologi terapan, energi baru dan terbarukan, alat rumah tangga, dan pengelolaan lingkungan.

Baca juga : Lewat Bazar, BNI Dorong UMKM Go Global

“UMKM yang sudah mengekspor produknya dan memberdayakan kelompok difabel akan mendapatkan penilaian khusus dalam penjurian,” sebut Wahyu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.