Dark/Light Mode

Gaet BWI Dan KUA, BSI Garap Potensi Wakaf Tunai

Rabu, 16 Agustus 2023 18:48 WIB
Bank Syariah Indonesia menggarap potensi wakaf tunai bersama Badan Wakaf Indonesia dan Kantor Urusan Agama. (Foto: dok BSI)
Bank Syariah Indonesia menggarap potensi wakaf tunai bersama Badan Wakaf Indonesia dan Kantor Urusan Agama. (Foto: dok BSI)

 Sebelumnya 
Dalam sinergi tersebut, BSI bersama dengan BWI dan KUA meluncurkan program Wakaf Tunai Pengantin, yaitu merupakan program di mana pengantin dapat berdonasi dalam bentuk wakaf di KUA sebagai bentuk program menuju keberkahan keluarga.

BSI berperan sebagai LKSPWU (Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang), yang merupakan mitra utama dalam menghimpun dana wakaf dari masyarakat, dan menyalurkan manfaatnya kepada penerima wakaf secara tepat sasaran.

Baca juga : Ogah Ke Man United, Amrabat Pilih Si Nyonya Tua

Habiby melanjutkan, saat ini BSI telah membentuk unit Islamic Ecosystem yang berfokus salah satunya untuk membersamai para Praktisi Wakaf di Indonesia.

Dalam perannya sebagai LKSPWU, BSI dapat menerbitkan surat rekomendasi bagi Calon Nazir Wakaf yang sedang mengurus izin ke BWI.

Baca juga : CIMB Niaga Garap Potensi Wealth Management Nasabah Platinum

“Tentunya, BSI juga berkomitmen untuk melakukan collaborative campaign (kampanye bersama) dengan Nazir, mempromosikan, dan mendorong agar umat Islam menjadikan wakaf ini sebagai bagian dari gaya hidup (lifestyle),” katanya.

Provinsi Lampung sendiri menjadi tempat peluncuran program ini karena berpotensi menjadi salah satu provinsi dengan penghimpunan tertinggi karena memiliki jumlah pengantin sebanyak 58.000 pernikahan per tahun sehingga diproyeksi akan terkumpul dana abadi wakaf sebesar Rp 11,6 miliar per tahun.

Baca juga : Gandeng Kejari Kabupaten Bekasi, PLN UIP JBB Garap 3 Proyek Ketenagalistrikan

“Tentunya ini menunjukkan betapa potensialnya program Wakaf Tunai Pengantin ini. Namun, tantangan berikutnya adalah membuktikan kepada para Wakif Pengantin ini bahwa dana wakaf mereka dikelola secara benar dan manfaatnya dapat dibuktikan secara nyata,” jelas Habiby. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.