Dark/Light Mode

Kado HUT ke-78 RI, Konstruksi dan Commissioning Proyek Tangguh Train 3 Selesai

Kamis, 17 Agustus 2023 14:30 WIB
Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto dalam arahan pada upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan ke-78, Kamis (17/8). (Foto: Dok. SKK Migas)
Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto dalam arahan pada upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan ke-78, Kamis (17/8). (Foto: Dok. SKK Migas)

 Sebelumnya 
Dwi menambahkan, ini menjadi kado yang membanggakan industri hulu migas bagi bangsa Indonesia di perayaan kemerdekaan RI yang dirayakan bersama seluruh warga Indonesia.

Dwi menyebut, perjalanan proyek Tangguh Train 3 telah memberikan dampak positif dan manfaat ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan berkontribusi dalam menggerakan perekonomian daerah.

Pada puncak proyek Train 3 memobilisasi sekitar 13.500 pekerja dengan mayoritas pekerja adalah anak bangsa serta melibatkan pekerja lokal masyarakat Papua dalam jumlah yang sangat besar.

Baca juga : HUT ke-78 RI, Haedar Ajak Syukuri Kemerdekaan dengan Bangun Jiwa Raga Bangsa

Diungkap Dwi, kapasitas operasi optimal Train 3 akan meningkatkan produksi LNG Tangguh sebanyak 50 persen menjadi 11.4 metrix ton per annum (MTPA).

Produksi gas Train 3 diprioritaskan untuk domestik, sehingga dapat dipastikan kebutuhan gas domestik dapat terpenuhi secara keseluruhan serta menjadi salah satu tulang punggung dalam perjuangan industri hulu migas.

Selain itu dalam mencapai target jangka panjang di tahun 2030 yaitu produksi minyak 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas 12 miliar kaki kubik per hari (BSCFD).

Baca juga : Sambut HUT Ke-78 RI, Gerakan Passeddingeng Ganjar Gelar Lomba Domino 

Tantangan yang dihadapi industri hulu migas masih membentang, namun semua Insan industri hulu migas telah memiliki komitmen yang kuat dan semangat perjuangan sebagaimana yang dicontohkan para pahlawan ketika merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Kami telah menetapkan tekad bersama, bahwa perjuangan industri hulu migas adalah bagaimana memenuhi kebutuhan energi nasional yang berkelanjutan," ujar Dwi.

Menurutnya, para pejuang industri hulu migas telah menetapkan semangat dan tekad untuk meraih produksi 1 juta BOPD dan 12 BSCFD gas sebagai kontribusi hulu migas bagi pembangunan nasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.