Dark/Light Mode

BSI Dan Relawan Bakti BUMN Dorong Kualitas Pendidikan Hingga Ekonomi Warga Aceh

Kamis, 17 Agustus 2023 19:03 WIB
BSI bersama Relawan Bakti BUMN Batch IV sukses melaksanakan berbagai program sosial kemasyarakatan di Aceh. (Foto: dok. BSI)
BSI bersama Relawan Bakti BUMN Batch IV sukses melaksanakan berbagai program sosial kemasyarakatan di Aceh. (Foto: dok. BSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI bersama Relawan Bakti BUMN Batch IV sukses melaksanakan berbagai program sosial kemasyarakatan, yang bermanfaat untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan, ekonomi, hingga lingkungan hidup di Meunasah Asan, Aceh.

Berbagai kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh BSI, BSI Maslahat dan para Relawan Bakti BUMN di Meunasah Asan antara lain dilakukan dalam bidang pendidikan. Berupa perbaikan bangunan sekolah, dan mengajar siswa-siswi SD Negeri Meunasah Asan.

Di bidang lingkungan, berupa penanaman bibit mangrove di kawasan pesisir bersama Kelompok Desa BSI. Serta melakukan sosialisasi terhadap pentingnya kebersihan lingkungan dan pengolahan sampah yang baik kepada warga, plus pemberian bak sampah mobile.

Di bidang pengembangan UMK, BSI memberikan solar panel sebagai sumber tenaga penggerak kincir pengganti listrik konvensional, hingga pelatihan kepada para petani bandeng.

Baca juga : Bamsoet Dorong MPR Kembali Jadi Lembaga Tertinggi Negara

Puncak acara Program Relawan Bakti BUMN Batch IV ini ditandai dengan pelaksanaan upacara, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (HUT RI) di Kantor BSI Area Lhokseumawe.

Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan pesannya terkait Relawan Bakti BUMN.

"Kementerian BUMN mendorong para pegawai BUMN, untuk selalu mengimplementasikan AKHLAK. Tidak hanya di lingkungan kantor, tetapi juga di lingkungan masyarakat di mana pun mereka berada. Dengan begitu,  Bakti BUMN dapat secara nyata dirasakan oleh masyarakat. Baik melalui BUMN sebagai sebuah korporasi, atau kontribusi langsung para insan BUMN kepada masyarakat," papar Erick.

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi, Tedi Bharata menambahkan, kegiatan Bakti BUMN ini dapat memberikan dampak positif terhadap perusahaan. Baik berupa peningkatan engagement karyawan kepada perusahaan, atau employer branding bagi perusahaan.

Baca juga : Kepala BI DKI: WFH Tidak Goyang Pertumbuhan Ekonomi Jakarta

"Para relawan diharapkan dapat terus membawa semangat kontribusi untuk masyarakat, baik saat pelaksanaan Program Relawan Bakti BUMN hingga nanti kembali ke perusahaan masing-masing. Terus tularkan semangat tersebut ke rekan-rekan Insan BUMN yang lain," tutur Tedi.

Selama kegiatan di Meunasah Aceh, sebanyak 10 relawan tinggal dan menyatu di rumah warga setempat. Agar para relawan dapat berinteraksi, dan bersosialisasi bersama masyarakat sekitar. Sehingga, dapat berdiskusi langsung dengan masyarakat, terkait isu sosial yang relevan dan memberikan masukan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

Terkait program ini, SVP Corporate Secretary BSI Gunawan Arif Hartoyo mengatakan, BSI sebagai sahabat finansial tak hanya berperan sebagai salah satu penggerak perekonomian di Aceh, melainkan juga sebagai sahabat sosial.

"Kolaborasi lewat program Relawan Bakti BUMN Batch IV ini merupakan wujud sahabat sosial, dalam bentuk dukungan komitmen BSI untuk memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan negeri," kata Gunawan.

Baca juga : 5 Kursi Pimpinan MA dan 7 Jabatan Ketua Pengadilan Tinggi Kosong

Program ini telah memberikan pengalaman baru kepada para insan BUMN, dalam mengetahui persoalan yang terjadi di tengah masyarakat Aceh. Serta memberikan berbagai solusi bagi persoalan yang terjadi, khususnya di Desa Meunasah Asan, Kecamatan Madat, Aceh Timur.

“Saya berterima kasih atas partisipasi para relawan di Meunasah Asan, yang memberikan kontribusinya dalam peningkatan kapabilitas masyarakat desa, untuk pengolahan ikan bandeng yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat desa,” papar Gunawan.

Kementerian BUMN mengadakan Program Relawan Bakti BUMN Batch IV untuk meningkatkan jiwa kerelawanan bagi para karyawan BUMN.

Program ini serentak dilaksanakan pada 15 – 17 Agustus 2023 di 10 titik lokasi. Yakni Meunasah Asan-Acah, Pandeglang-Banten, Sukabumi-Jawa Barat Sragen-Jawa Tengah, Kulonprogo-DIY, Malang-Jawa Timur, Penglipuran-Bali dan Lombok-NTB, dan Jayapura-Papua dengan melibatkan 100 relawan yg merupakan karyawan dari 54 BUMN.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.