Dark/Light Mode

Makan Nasi Sehari 3 Kali, Bisa Bikin Diabetes, Benar Nggak Sih?

Rabu, 2 Agustus 2023 16:22 WIB
Makan nasi harus diimbangi juga dengan serat yang mencukupi, agar terhindar dari risiko penyakit. (Foto: Istimewa)
Makan nasi harus diimbangi juga dengan serat yang mencukupi, agar terhindar dari risiko penyakit. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Belum disebut makan, kalau belum makan nasi. Anggapan ini sangat akrab dengan keseharian kita, yang makanan pokoknya adalah nasi. Namun di sisi lain, nasi juga kerap dituding sebagai biang kerok penyakit. Makan nasi tiga kali sehari, disebut rentan memicu diabetes. Benarkah begitu?

Lewat laman Instagramnya, Gizi Nusantara memaparkan, nasi putih termasuk dalam makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi.

Nasi dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak, jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak.

Baca juga : Bagikan Beasiswa di Dairi, Bane Raja Manalu Ingin Pelajar Berani Raih Mimpi

Nasi putih mengandung 44,5 gram karbohidrat per cangkir (+/-1 150 gram).

Jika tubuh tidak segera menggunakan semua energi yang dihasilkan dari nasi putih, kemungkinan, energi tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak, yang bisa berkontribusi pada peningkatan berat badan, resistensi insulin dan risiko diabetes.

"Dalam sehari, kita mungkin saja tidak hanya mengonsumsi nasi tiga kali sehari, tetapi juga mengonsumsi makanan manis seperti kue kering, biskuit, permen, teh manis, dan lain-lain. Mungkin juga, tidak diimbangi dengan konsumsi sayur dan buah. Sehingga, jangan kaget, jika banyak akhirnya mengidap diabetes," jelas Gizi Nusantara.

Baca juga : Erick: Dibilang Politis, Ya Biarin Aja, Saya Nggak Mau Pusing

Penyebab utama diabetes, memang hanya nasi. Tetapi faktanya, makan nasi dalam jumlah berlebihan setiap hari, telah dikaitkan dengan perkembangan diabetes.

Studi Harvard School of Public Health Amerika Serikat (AS) menerangkan, mengonsumsi lebih banyak nasi putih per hari, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 (kencing manis).

Karena itu, porsi makan nasi harus betul-betul diperhatikan.

Baca juga : Naik Kereta Api Bisa Dapat Diskon Hotel-Restoran, Begini Caranya

Masih banyak hal lain yang bisa memicu diabetes. Misalnya saja, faktor keturunan, gaya hidup, dan lingkungan.

Rekomendasi Nasi Aman

Gizi Nusantara menyampaikan rekomendasi nasi yang aman untuk penderita diabetes, selain nasi putih. Seperti nasi hitam, nasi cokelat, dan nasi merah.

"Jangan lupa mengonsumsi berbagai karbohidrat berserat tinggi, termasuk roti gandum. Agar kesehatan Anda lebih terjaga, dan terhindar dari risiko kenaikan berat badan atau terkena diabetes," pesan Gizi Nusantara. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.