Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Total Solution Jasa Seismik Elnusa Bantu Ketahanan Energi Nasional

Kamis, 24 Agustus 2023 20:39 WIB
Ilustrasi. (Dok. Elnusa)
Ilustrasi. (Dok. Elnusa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Elnusa Tbk (Elnusa) perusahaan jasa energi terkemuka yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, telah berkiprah sejak tahun 1972 dalam kegiatan survei seismik demi mendukung upaya eksplorasi hulu minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia.

Seperti visinya menjadi perusahaan solusi total jasa energi, Elnusa juga memiliki Total Solution dalam jasa seismik, sehingga bisa turut mendukung kesuksesan penemuan cadangan migas baru yang akan jadi penopang ketahanan energi nasional di masa depan.

“Elnusa memiliki kemampuan integrated untuk setiap pekerjaan dari semua tahapan seismik, mulai dari akuisisi data, processing data, sampai analisa data lebih lanjut. Baik itu kegiatan seismik di onshore maupun offshore, kami punya paket yang lengkap,” tutur Direktur Operasi Elnusa Charles Harianto Lumbantobing, dalam keterangan tertulis, Kamis (24/8/2023).

Baca juga : Ini Jurus Pertamina Hadapi Tantangan Energi Global

Seperti untuk wilayah offshore, Elnusa memiliki teknologi survei seismik unggulan yaitu OBN (Ocean Bottom Nodes).

Teknologi OBN ini bisa menghimpun data-data seismik secara wireless dari bawah laut, mulai dari area Transition Zone hingga Shallow Water.

Dengan kapabilitas dan teknologi OBN yang dimiliki tersebut, Elnusa telah menggarap Project TZ Matindok di Sulawesi Tengah pada tahun 2018.

Baca juga : Pemprov Malut Gandeng Perusahaan Kelola Pertambangan Berkelanjutan

Sampai sekarang ini sudah ada 7 project survei seismik yang berhasil diselesaikan Elnusa menggunakan teknologi OBN ini.

Dengan kompetensi tersebut, Elnusa telah berpengalaman mengerjakan lebih dari 500 proyek akuisisi seismik di seluruh penjuru Indonesia, dari Aceh sampai Papua Barat.

Tercatat, sejak tahun 1986 panjang lintasan survei seismik 2D yang telah dilalui Elnusa mencapai 36.000 kilometer (km), lalu untuk seismik 3D seluas 20.000 km persegi.

Baca juga : Kapolri: AMMTC Hasilkan 4 Deklarasi, Kerja Sama Berantas Kejahatan Lintas Negara

Sedangkan untuk di area offshore, panjang lintasan seismik 2D-nya bahkan telah mencapai 60.213 km, dan mencakup 21.193 km persegi untuk seismik 3D.

Jasa survei seismik Elnusa juga telah dipakai di banyak negara, mulai dari Brunei Darussalam, Malaysia, Vietnam, Myanmar, India, Sudan, hingga Aljazair.

Salah satu proyek prestisius yang pernah dikerjakan Elnusa adalah kegiatan survei seismik 2D di perairan terbuka Indonesia yang merupakan Komitmen Kerja Pasti (KKP) dari PHE Jambi Merang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.