Dark/Light Mode

ASPPHAMI Harap, Pemerintah Segera Tunjuk Kepala Barantin Definitif

Selasa, 29 Agustus 2023 20:54 WIB
Ketua DPP ASPPHAMI Muallif ZA (kiri) dan pengurus DPP Dep Fumigasi Benny Tomasoa. (Foto: Istimewa)
Ketua DPP ASPPHAMI Muallif ZA (kiri) dan pengurus DPP Dep Fumigasi Benny Tomasoa. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (DPP ASPPHAMI) berharap Pemerintah segera menunjuk Kepala Badan Karantina Indonesia (Barantin) secara definitif. Dengan begitu, lembaga yang baru dibentuk ini bisa bekerja dengan efektif.

Badan Karantina Indonesia dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 45 Tahun 2023, yang terbit pada 20 Juli 2023. Badan Karantina Indonesia merupakan gabungan karantina yang ada di tiga kementerian yakni Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Badan Karantina Indonesia ini merupakan gabungan dari Karantina Hewan, Karantina Tumbuhan, dan Karantina Pertanian.

Baca juga : Atasi Polusi Udara, DPR Minta Pemerintah Belajar Dari China

Namun, setelah tiga badan tersebut digabung, hingga saat ini belum ada kepala badan definitif. Padaha, sudah lebih dari satu bulan.

"Kami sebagai asosiasi perusahaan pengendalian hama di Indonesia di bidang fumigasi sudah cukup lama menjadi mitra kerja Badan Karantina. Kami berharap, figur Kepala Barantin adalah sosok profesional yang berpengalaman dan memahami seluk beluk teknis kekarantinaan, mampu menjamin komoditas ekspor asal Indonesia bisa diterima negara tujuan, dan sebaliknya agar impor dari luar tidak ada hama maupun penyakit yang masuk ke Indonesia," kata Ketua DPP ASPPHAMI Muallif ZA didampingi Dep Fumigasi Benny Tomasoa, kepada awak media, di Jakarta, Selasa (29/8).

Baca juga : Partai Pemerintah Berebut Budiman

Ia juga mengungkapkan, idealnya sosok yang akan ditunjuk sebagai Kepala Badan Karantina Indonesia memiliki kemampuan mumpuni dalam melakukan diplomasi, baik secara tingkat nasional maupun international. Sebab, kerjanya menyangkut persaingan dan hubungan perdagangan tingkat international antar negara.

"Karena ini jabatan strategis, juga diharapkan figur ini mampu merumuskan dan penetapan kebijakan serta penguasaan diplomasi dan peraturan perdagangan internasional serta bisa menjalin koordinasi lintas kementerian dan lembaga. Sehingga Barantin ini punya fungsi dalam meningkatkan daya saing dan memperluas perdagangan internasional,” ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.