Dark/Light Mode

Kejar Target Jual 200 Ribu Unit Motor Listrik

Asyik, Satu NIK Dapat Subsidi Rp 7 Juta Nih

Rabu, 30 Agustus 2023 06:45 WIB
Menteri Perindustrian (Men­perin) Agus Gumiwang Kar­tasasmita. (Foto: Antara)
Menteri Perindustrian (Men­perin) Agus Gumiwang Kar­tasasmita. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Permenperin 21/2023 juga menegaskan, dalam melakukan proses pembelian KBL Berba­sis Baterai Roda Dua, dealer perlu melakukan pemeriksaan kesesuaian data pembeli yang berbasis NIK yang terintegrasi dengan data Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Da­lam Negeri, dengan mengguna­kan Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (SISAPIRa) yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektroni­ka (ILMATE) Kemenperin.

Ketua Asosiasi Sepeda Mo­tor Listrik Indonesia (Ais­moli) Budi Setyadi optimistis penjualan sepeda motor listrik dengan subsidi Rp 7 juta oleh Pemerintah akan mencapai target tahun ini.

Hal ini seiring dengan dilakukan­nya perluasan terhadap penerima subsidi motor listrik untuk umum, yang akan mengerek jumlah pemi­nat hingga mencapai target yang ditetapkan Pemerintah.

Baca juga : ESDM Targetkan Konversi 150 Ribu Motor BBM Ke Listrik Tahun Depan

“Semoga dengan skema baru ini akan mendongkrak minat masyarakat. Sekarang pun sudah banyak industri yang tanya-tanya. Yang kami harapkan percepatan dari regulasi ini (perubahan skema),” kata Budi.

Menurut Budi, jumlah industri sepeda motor listrik yang ingin menjadi mitra Pemerintah juga se­makin banyak. Hal ini terlihat dari industri yang mulai menaikkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40 persen seba­gaimana disyaratkan Pemerintah.

Tercatat, sudah ada 14 perusa­haan dengan 30 model motor lis­trik yang sudah bermitra dengan Pemerintah dan diperkirakan akan terus bertambah.

Baca juga : Kejar Target 14 Persen Di 2024, KSP Minta Koordinasi Sampai Ke Tingkat Bawah

Sebelumnya, Presiden Jokowi menekankan, subsidi kendaraan listrik yang diberikan oleh Pe­merintah ditempuh agar iklim in­vestasi di Indonesia kompetitif.

Jokowi mengaku, banyak pihak yang mempertanyakan be­sarnya subsidi kendaraan listrik di Indonesia.

“Karena negara lain melakukan itu. Contoh, Thailand memberi­kan subsidi mobil listrik sekitar Rp 68 juta,” kata Jokowi.

Baca juga : Konsumen Motor Listrik: Subsidi Dari Pemerintah Nyata Adanya

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 30/8/2023 dengan judul Kejar Target Jual 200 Ribu Unit Motor Listrik, Asyik, Satu NIK Dapat
Subsidi Rp 7 Juta Nih

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.