Dark/Light Mode

Konsumen Motor Listrik: Subsidi Dari Pemerintah Nyata Adanya

Sabtu, 13 Mei 2023 15:58 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Program bantuan Pemerintah untuk motor listrik nyata adanya. Masyarakat happy, mendapatkan bantuan Rp 7 juta saat membeli Selis E-Max.

Nureman, menjadi orang pertama yang mendapatkan motor listrik Selis dengan menggunakan bantuan pembelian motor listrik dari pemerintah.

Motor listrik yang dibeli adalah Selis E-Max dengan satu baterai Lithium dengan harga on the road Rp 13.499.000. Ia senang, karena motor yang dibeli jauh lebih murah dari motor listrik pada umumnya.

Apalagi, motor listrik dari Selis bisa lebih hemat, karena biaya charge baterainya hanya Rp 2.500-an dan dapat digunakan sejauh 60 kilometer (km). Proses mendapatkan motor listrik terjangkau ini juga mudah.

Baca juga : Erick: Ini Bukti Kolaborasi Pemerintah Pusat Dan Daerah

"Saya datang ke Selis Center Grand Wisata dan dijelaskan syaratnya. Kemudian saya memberitahukan mendapatkan BPUM dan diberitahukan syaratnya itu saja. Data yang diminta nama, alamat, dan NIK," tutur Nureman, Sabtu (13/5). 

"Kalau bisa, masyarakat yang sudah tahu langsung bisa pakai motor listrik. Semoga banyak yang datang dan banyak yang beli," ajak pria paruh baya.

Motor listrik Selis E-Max ini akan digunakan oleh Nureman untuk berkendara sehari-hari dan mengantar cucu ke sekolah.

Dengan motor listrik Selis E-Max, ia juga sudah berpartisipasi dalam menjaga lingkungan karena telah menggunakan motor listrik yang tidak mengeluarkan gas emisi.

Baca juga : Covid Tak Lagi Berstatus Darurat, Pemerintah Fokus Penguatan Sistem Kesehatan Nasional

Masyarakat bisa dengan tenang menggunakan motor listrik karena Selis sudah memproduksi kendaraan listrik dari 2011. Selain itu, Selis juga memiliki jaringan penjualan dan service yang tersebar di seluruh Indonesia.

Nureman bergabung dalam komunitas Selis Owner Club yang mendapatkan diskon service dan sparepart sampai dengan 10 persen.

Nureman sendiri merupakan seorang pemilik usaha 'Warung Mpok Menor', yang berada di Tambun Selatan, Bekasi. Dengan motor listrik yang ia beli, harapannya mendapatkan cuan yang lebih banyak karena menggunakan motor listrik yang lebih hemat.

General Manager Selis Houtsma Simon memastikan, syarat mendapat bantuan ini sangat mudah. Skema untuk mendapatkan bantuan Pemerintah di Selis hanya perlu melampirkan NIK.

Baca juga : Tingkatkan Literasi, Pemkab Sorong Dukung Visi Pemerintah Ciptakan SDM Unggul

Setelah itu, proses pengecekan di sistem akan dilakukan oleh Selis. Sistem yang dimaksud adalah Sisapira yang sudah terpusat dan disediakan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mendukung pembagian motor listrik dengan bantuan dari Pemerintah.

"Jika konsumen dinyatakan mendapatkan bantuan, tim kita juga yang akan hubungi dan meminta foto KTP. Data berupa foto KTP ini akan kita gunakan untuk mengurus STNK untuk konsumen,” jelas Simon. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.