Dark/Light Mode

Soal Gangguan LRT Jabodebek

Jokowi: Ini Jadi Bahan Evaluasi INKA Dan KAI, Jangan Setiap Kekurangan Di-Bully

Kamis, 31 Agustus 2023 17:27 WIB
Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangan pers, di Indonesia Convention Exhibition ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2023). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi saat menyampaikan keterangan pers, di Indonesia Convention Exhibition ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2023). (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memastikan, setiap gangguan yang dialami moda transportasi Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek), akan menjadi bahan evaluasi dan diperbaiki oleh semua pihak terkait.

“Bahwa ada kekurangan, ya itu koreksi. Bahwa ada kekurangan, itu akan kita evaluasi dari INKA, juga dari KAI,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan pers, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2023).

Jokowi menekankan, ini merupakan kali pertama Indonesia memiliki moda transportasi LRT, yang digerakkan secara otomatis tanpa masinis.

Baca juga : Festival Kuliner Nusantara Siap Meriahkan Pembukaan JPM Dukuh Atas

Selain itu, LRT Jabodebek juga merupakan produk dalam negeri, yang harus berani untuk dicoba dan digunakan oleh bangsa Indonesia.

“Ya kan sudah saya sampaikan sejak awal, bahwa ini adalah pertama kalinya kita memiliki LRT tanpa masinis. Semuanya dioperasikan lewat operation control center di Bekasi. Jadi, saya ulang lagi, kalau kita tidak berani menggunakan produk dalam negeri, dalam hal ini LRT, kapan kita akan mencoba? Kapan kita akan berani memulai?” papar Jokowi.

Presiden ke-7 RI ini pun mencontohkan, kereta cepat TGV (Train à Grande Vitesse) di Prancis atau kereta cepat Shinkansen di Jepang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menjadi seperti sekarang.

Baca juga : Siap Beroperasi 28 Agustus, Pintu LRT Jabodebek Sudah Pas Dengan Gate Stasiun

“Di Jepang, apa buat mobil langsung bagus seperti sekarang ini? Berpuluh tahun. Shinkansen juga berpuluh tahun. TGV juga sama seperti itu. Saya ngerti, karena saya datang ke mereka, mengetahui tahapan-tahapannya. Kalau kita tidak berani memulai, dan setiap ada kekurangan kita langsung bully, orangnya kan tidak berani mencoba membuat sesuatu,” tegas Jokowi.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melaporkan, antusiasme masyarakat dalam mencoba LRT Jabodebek sejak diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Senin (28/8/2023), terbilang cukup tinggi.

Sampai hari kedua, volume penumpang LRT Jabodebek mencapai 28.925 orang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.