Dark/Light Mode

Payung Hukumnya Jelas

Jokowi: Investor Jangan Ragu Tanam Modal Di IKN

Selasa, 18 Oktober 2022 22:54 WIB
Presiden Jokowi menyampaikan sambutan dalam jajak pasar potensi investasi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang digelar Otorita IKN bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) di Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (18/10). (Foto: Wahyu Dwi Nugroho/RM)
Presiden Jokowi menyampaikan sambutan dalam jajak pasar potensi investasi Ibu Kota Nusantara (IKN) yang digelar Otorita IKN bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) di Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (18/10). (Foto: Wahyu Dwi Nugroho/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta para investor tak ragu berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN). Pasalnya, payung hukumnya sudah ada.

Begitu kata Jokowi saat memberi sambutan dalam acara "Ibu Kota Nusantara: Sejarah Baru, Peradaban Baru" di Djakarta Theatre, Jakarta, Selasa (18/10).

Acara tersebut merupakan ajang jajak pasar yang digelar Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) untuk mempromosikan berbagai potensi investasi di IKN dan kawasan pendukungnya.

Baca juga : Peluang Vs Rintangan Puan Di 2024

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Kepala Otorita IKN Bambang Susatyo, Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe, dan Ketua Kadin Arsjad Rasjid.

Jokowi menegaskan, kepindahan ibu kota negara bukan sekadar memindahkan Istana Presiden, Istana Wakil Presiden ataupun gedung kementerian/lembaga. Tetapi yang ingin dibangun adalah budaya kerja baru, mindset baru, dan IKN mindset ekonomi baru.

Eks Wali Kota Solo itu mengatakan, sebagai sebuah negara besar, Indonesia harus berani melangkah dengan agenda besar, termasuk kepindahan ibu kota negara ke Nusantara yang ia tegaskan sebagai langkah demi kemajuan negara.

Baca juga : Jokowi: Jangan Sampai, Pemerintah Dan Polri Dianggap Lemah

Kepala Negara mengingatkan kepada para investor yang menghadiri acara tersebut agar tidak perlu lagi meragukan atau bimbang bila ingin berinvestasi di Nusantara. Karena payung hukumnya sudah jelas, yaitu Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 

“Kita harus tahu, itu telah disetujui 93 persen dari fraksi di DPR loh. Kurang apa lagi? Kalau masih ada yang belum yakin jadi, kurang apa lagi? Tidak perlu dipertanyakan," beber Jokowi.

Jokowi menjelaskan terkait semangat budaya kerja produktif yang ingin dibangun di Nusantara. Oleh karena itu pemerintah hanya menyiapkan 20 persen dari anggaran pembangunannya.

Baca juga : Selain Jaringan Stabil, Ini Modal Jadi Blogger

"Sedangkan 80 persen kepada investor, termasuk bapak dan ibu yang hadir malam hari ini. Investasi terbuka lebar, mau di mana, di sebelah mana, di kawasan inti ya harganya beda," ujarnya.

Jokowi mengingatkan, kepada para calon investor bahwa ini adalah saat untuk mencatatkan sejarah Indonesia dan bersama-sama melakukan lompatan untuk Indonesia Masa Depan.

Terakhir, Jokowi optimis HUT RI Ke-79 bisa dirayakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.