Dark/Light Mode

Pesan Jokowi Untuk Presiden Selanjutnya

Hilirisasi Kudu Jalan Terus, Kalau Stop, Kita Rugi Besar

Jumat, 1 September 2023 06:45 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2023). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVIII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (31/8/2023). (Foto: Randy Tri Kurniawan/RM)

 Sebelumnya 
Tepung agar-agar sebagai seni kerajinan juga bisa bisa dihilirisasi untuk menghasilkan lompatan nilai tambah bagi pelaku usaha.

Apalagi, petani Indonesia mampu menghasilkan 46 juta ton hasil kelapa sawit per tahun. Hal ini bisa dihilirkan kepada industri menengah dalam negeri untuk kebutuhan produksi sabun, cocoa butter, atau oleofood sehingga bisa menghasilkan nilai tambah yang berlipat.

Jokowi juga mengingatkan, hilirisasi tidak hanya penting dilakukan untuk menambah nilai jual. Tetapi juga untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan serta mening­katkan penerimaan negara.

Baca juga : Jokowi: Presiden 2024 Jangan Hentikan Hilirisasi, Kita Bisa Rugi Besar

Berdasarkan perhitungan dari Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), hasil dari hilirisasi industri dalam 10 tahun mendatang bisa meningkatkan pendapatan per kapita Indonesia hingga mencapai 10.500 dolar AS. Dan pada 15 tahun mendatang meningkat menjadi 15.800 dolar AS.

“Saat Indonesia Emas 2045 akan muncul kurang lebih 25.000 dolar AS income per kapita kita. Inilah tujuan kita. Tidak hanya visi besar, tetapi kita harus memiliki visi taktis,” ujarnya.

Karena itu, Jokowi menegas­kan agar hilirisasi industri ini terus dikerjakan bersama-sama.

Baca juga : Jokowi Siap Dukung Pengelolaan Hutan Hingga Hilirisasi Di Kongo

“Hitung-hitungannya jelas sekali. Hilirisasi, industrialisasi akan melompat, kita menjadi negara maju,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi juga memastikan fokus terhadap pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Tahun ini, Pemerintah meng­gelontorkan anggaran Rp 460 triliun melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan bunga 6 persen.

Jokowi mengakui, program KUR masih perlu disosialisasikan agar lebih maksimal. Kepala Negara mentargetkan, kuota Rp 460 triliun itu habis disalurkan tanpa tersisa.

Baca juga : Jokowi Ingin Pemimpin Selanjutnya Mampu Lari Maraton, Kode Dukung Ganjar?

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 1/8/2023 dengan judul Pesan Jokowi Untuk Presiden Selanjutnya, Hilirisasi Kudu Jalan Terus,
Kalau Stop, Kita Rugi Besar

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.