Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Presiden Jokowi Puji Perbaikan Jalan Di Jawa Tengah Capai 88 Persen

Minggu, 23 Juli 2023 17:04 WIB
Presiden Joko Widodo Jokowi didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, blusukan bareng meninjau perbaikan jalan Solo-Purwodadi yang berada di Kalijambe, Kabupaten Sragen pada Minggu (23/7). (Foto: Ist)
Presiden Joko Widodo Jokowi didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, blusukan bareng meninjau perbaikan jalan Solo-Purwodadi yang berada di Kalijambe, Kabupaten Sragen pada Minggu (23/7). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, blusukan bareng meninjau perbaikan jalan Solo-Purwodadi yang berada di Kalijambe, Kabupaten Sragen pada Minggu (23/7).

Jokowi menjelaskan, perbaikan jalan Solo-Purwodadi termasuk dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023. Jokowi pun memuji kemantapan jalan di Jawa Tengah yang mencapai 88 persen, atau bagian dari jalan provinsi sepanjang 2.440 kilometer.

"Jawa Tengah saya lihat kemantapan jalannya, jalan provinsinya bagus kalau saya bandingkan di Sumatera rata-rata 68 persen, di sini tadi dapat laporan sudah 88 persen," ujar Jokowi di lokasi.

Untuk nilai kontrak perbaikan jalan Solo-Purwodadi totalnya senilai Rp97,4 miliar dengan panjang 8,7 kilometer. Dana itu berasal dari alokasi DIPA perbaikan jalan dan infrastruktur nasional tahap I senilai Rp 7,4 triliun 

Baca juga : KPK, Jangan Iri Ya!

Jokowi pun sempat mengungkapkan jalan Solo-Purwodadi sering dilewatinya sejak kecil. Persoalan jalan rusaknya pun tak kunjung usai lantaran konstruksi tanah jalan tersebut yang labil, sehingga perlu pengerjaan khusus.

Dengan perbaikan jalan Solo-Purwodadi yang menelan biaya cukup mahal, Jokowi menjamin kualitasnya baik dan memiliki ketahanan untuk jangka panjang. 

"Tapi memang khusus untuk jalan ini, ini memang saya dari kecil tiap hari saya lewat jalan ini tidak pernah beres. Tapi sekarang kalau konstruksi ini, memang dua kali lebih mahal tapi untuk pemakaian bisa lebih dari 10 tahun, sangat baik," jelas Jokowi.

Sementara itu Ganjar, ditemui bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang ikut mendampingi Jokowi, menyebut kemantapan jalan di Jawa Tengah yang mencapai 88 persen, hampir seluruhnya memiliki kualitas baik.

Baca juga : Jokowi Mulai Geber Perbaikan Jalan Di Sejumlah Provinsi

"Jawa Tengah sudah 88 persen jalan mantapnya jadi relatif juga baik. Maka beberapa daerah urgent ini yang kami propose ke Pak Basuki dan hari ini dipenuhi, mudah-mudahan jadi lebih bagus, konstruksinya juga rigid bagus sekali," kata Ganjar.

Selama sepuluh tahun menjadi gubernur, Ganjar mengatakan telah menaikkan anggaran untuk perbaikan jalan dan infrastruktur di Jawa Tengah sebanyak 300 persen. Hal itu pun memicu naiknya tingkat kemantapan jalan keseluruhan.

Ganjar meminta jajarannya di tingkat kabupaten dan kota, untuk menyeimbangkan perbaikan jalan dengan pusat dan provinsi agar lebih banyak bantuan-bantuan yang dapat disalurkan.

Dengan begitu, lanjut Ganjar, masyarakat dapat menikmati dan merasakan hasil pembangunan yang dilakukan pemerintah. Sehingga dapat turut serta meningkatkan perekonomian warga.

Baca juga : Covid-19 Melandai, Pelanggan Kereta Api Jarak Jauh Naik 53 Persen

"Kita dorong juga kawan-kawan di kabupaten kota kalau mau membereskan jangan tanggung-tanggung. Prioritaskan infrastruktur utama agar inline antara pusat, provinsi, kabupaten kota, bahkan sampai ke desa. Mudah-mudahan jadi lebih bagus untuk mengungkit ekonomi," ucap Ganjar.

Sebagai informasi, penanganan jalan di Provinsi Jawa Tengah melalui Inpres Nomor 3 Tahun 2023 meliputi jalan nasional sepanjang 1.522 kilometer dengan tingkat kemantapan 93,7 persen. Lalu jalan kabupaten dan kota sepanjang 27.243 kilometer, tingkat kemantapan jalannya yakni 79,9 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.