Dark/Light Mode

Dubes Fadjroel Rachman

Seeing Is Believing, Pengusaha Kazakhstan Makin Mantap Investasi Di IKN

Senin, 4 September 2023 07:02 WIB
Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan Fadjroel Rahman, Vice President Global Markets Sergek Projects Ltd. Alyona Tkachenko, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kolaborasi Lalu Lintas dan Mobilitas Pintar di HPK, Sabtu (2/9/2023).
Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan Fadjroel Rahman, Vice President Global Markets Sergek Projects Ltd. Alyona Tkachenko, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kolaborasi Lalu Lintas dan Mobilitas Pintar di HPK, Sabtu (2/9/2023).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) RI untuk Kazakhstan, Fadjroel Rachman sangat mengapresiasi penandatanganan MoU Perhubungan dan Mobiliti Pintar, antara perusahaan Sergek dengan IKN Nusantara, 2 September 2023. Menurutnya, penandatanganan tersebut adalah bukti kian solidnya hubungan bilateral RI-Kazakhstan yang kini telah berusia 30 tahun.

"Hadirnya delegasi pengusaha Kazakhstan untuk berinvestasi di IKN menunjukkan eratnya kerja sama kedua negara, di tahun selebrasi usia ke-30 hubungan diplomatik Indonesia-Kazakhstan," kata Dubes Fadjroel dalam keterangannya, Sabtu (2/9).

"Minat investasi ini juga cerminan Kazakhstan sebagai negara ekonomi terbesar di Asia Tengah, dengan sektor industri infrastruktur bangunan dan startup yang maju dan dinamis“ imbuhnya.

 


Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Vice-President Global Markets Sergek, Yelena Tkachenko dan Deputi Transformasi Hijau dan Digital IKN, Prof. Mohammad Ali Berawi.

Baca juga : Datang Langsung Ke Nusantara, Pengusaha Kazakhstan Siap Investasi di IKN

Serta disaksikan oleh Kepala OIKN Bambang Susantono, dan Dubes Fadjroel.

Dubes Fadjroel berharap, hubungan bilateral kedua negara dapat semakin diperkuat, dan terus berkembang melalui kunjungan delegasi pengusaha Kazakhstan ke IKN. Sehingga, akan lebih banyak capaian dan manfaat, yang dapat diraih untuk masyarakat kedua negara.

"Semoga, kontak antar negara di segala lini, bisa terus meningkat. Agar kita dapat memaksimalkan potensi kerja sama bilateral," ucap Dubes Fadjroel.

Kunjungan Delegasi Kazakhstan merupakan tindak lanjut dari penandatangan MoU antara Otorita Ibu Kota Nusantara dan Kantor Gubernur Ibu Kota Astana Kazakhstan, tentang inisiatif Ibu Kota Negara pada tanggal 3 Juli 2023 di Astana.

Astana merupakan ibu kota pertama yang menjadi kota kembar (sister city) bagi Nusantara.

Baca juga : Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan Diharapkan Makin Tingkatkan Ekspor Indonesia

Setelah menjadi saksi langsung pembangunan IKN, delegasi pengusaha Kazakhstan semakin antusias dan tertarik, untuk segera merealisasikan rencana investasi di IKN.

Mereka akan menambah daftar 276 entitas dari 19 negara, yang telah menyampaikan Letter of Intent (LoI).

“Tak bisa dipungkiri, seeing is believing, kesan positif dari kunjungan ini menjadi booster tindak lanjut konkret investasi Kazakhstan di IKN," tutur Dubes Fadjroel. 

Terkesan Komitmen Kuat 

KBRI Astana berkolaborasi dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menghadirkan delegasi pengusaha Kazakhstan di IKN pada tanggal 1 – 2 September 2023.

Delegasi pengusaha Kazakhstan dipimpin Dubes Fadjroel, didampingi perwakilan Kantor Gubernur Ibu Kota Astana.

Baca juga : OSO Yakin Persaudaraan Bangsa Akan Makin Baik

Delegasi itu terdiri dari pengusaha besar Kazakhstan yang bergerak di sektor industri bangunan, perumahan, pariwisata, energi terbaharukan, start-up, serta dua perusahaan media besar di Kazakshtan.

Meski jarak geografis yang cukup jauh memisahkan kedua negara, delegasi bersemangat untuk melihat secara langsung perkembangan pembangunan di IKN. Serta menggali banyaknya potensi investasi yang ditawarkan.

Delegasi Kazakhstan diajak menyaksikan kemajuan pembangunan di Techno House, Titik Nol Nusantara, Sumbu Kebangsaan, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Hunian Pekerja Konstruksi dan Bendungan Sepaku Semoi.

Mereka sangat terkesan dengan komitmen kuat pemerintah Indonesia, dalam mewujudkan Ibu Kota baru yang berlandaskan pembangunan berkelanjutan, inisiatif smart city, dan inovasi teknologi.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.