Dark/Light Mode

Datang Langsung Ke Nusantara, Pengusaha Kazakhstan Siap Investasi di IKN

Minggu, 3 September 2023 11:27 WIB
Dari kiri: Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan Fadjroel Rahman, Vice President Global Markets Sergek Projects Ltd. Alyona Tkachenko, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kolaborasi Lalu Lintas dan Mobilitas Pintar di HPK, Sabtu (2/9/2023).
Dari kiri: Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan Fadjroel Rahman, Vice President Global Markets Sergek Projects Ltd. Alyona Tkachenko, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kolaborasi Lalu Lintas dan Mobilitas Pintar di HPK, Sabtu (2/9/2023).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota Astana bersama KBRI Kazakhstan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (2/9/2023), sebagai bentuk kunjungan balasan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) ke Astana, Kazakhstan untuk kerja sama sister city pada Juli lalu.

Duta Besar RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan Fadjroel Rachman menjelaskan, kunjungan balasan ini dilakukan sesuai arahan Presiden RI untuk melakukan kerja sama antara Astana sebagai ibukota terbaru di dunia, dan IKN sebagai kota yang akan mengambil alih titel Ibu Kota terbaru di dunia tersebut.

“Sebagai sister city, IKN belajar banyak hal dari Astana, tentang cara membangun Ibu Kota yang smart dan liveable. Pemerintah Astana juga ingin mengetahui pembangunan IKN sebagai kota hutan berkelanjutan,” papar Fadjroel.

Baca juga : Dubes Ratu Silvy Gayatri Suguhi Kuliner Nusantara Ke Warga Estonia

Selain dihadiri Pemerintah Kota Astana, kunjungan ini juga dihadiri oleh beberapa delegasi investor dan media lokal Kazakhstan, untuk melihat peluang investasi dan mengenalkan IKN ke Eurasia. Khususnya, Asia Tengah dan Rusia.

Pada kesempatan ini, rombongan mengunjungi Techno House, Titik Nol Nusantara, Sumbu Kebangsaan Barat, dan Hunian Pekerja Konstruksi.

“Para delegasi melihat secara langsung, bidang mana saja yang bisa dijadikan peluang investasi. Hari ini, hadir bersama kami investor dari bidang konstruksi, digital, dan sejumlah pengusaha lain untuk mewakili pengusaha dari Kazakhstan dan Rusia,” tutur Dubes Fadjroel.

Baca juga : Datang Langsung Ke Thailand, Erick Kasih Support Dan Doa Untuk Garuda Muda

Dia berharap, semakin banyak negara-negara di Eurasia yang mengetahui keunggulan IKN. Minat investasi pengusaha dari Eurasia, khususnya Kazakhstan dan Rusia terus bertambah, seiring berjalannya waktu.

Dalam kesempatan yang sama, OIKN melalui Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan terkemuka di bidang manajemen lalu lintas, penegakan lalu lintas dan ekologi lalu lintas dari Kazakhstan, Sergek Projects Ltd., tentang Kolaborasi Lalu Lintas dan Mobilitas Pintar di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK).

“Kerja sama ini merupakan proof of concept untuk mengetahui, apakah teknologi yang ditawarkan sesuai kebutuhan kita dan membantu kehidupan kita di IKN jadi lebih efisien, enjoyable, dan praktis,” jelas Kepala OIKN Bambang Susantono.

Baca juga : Jokowi Ingin Tingkatkan Investasi Blok Mnazi Bay

Sementara Deputi Ali menjelaskan, teknologi perusahaan yang sudah menjalin kerja sama dengan OIKN di bidang teknologi seperti Sergek Projects Ltd, nantinya akan dipamerkan di Techno House untuk uji coba.

“Nantinya, masyarakat bisa melihat, menggunakan, dan merasakan teknologi yang ditawarkan. Agar bisa menjadi bahan pertimbangan, teknologi mana yang paling cocok untuk dikembangkan dan diterapkan di IKN,” ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.