Dark/Light Mode

Top, TASPEN Terpilih Jadi Pengelola Dana Pensiun ASN Terpercaya Di Tingkat Internasional

Senin, 4 September 2023 19:07 WIB
TASPEN terus membuktikan sebagai badan pengelola dana pensiun dan asuransi bagi ASN yang terpercaya di tingkat internasional. (Foto: Dok. TASPEN)
TASPEN terus membuktikan sebagai badan pengelola dana pensiun dan asuransi bagi ASN yang terpercaya di tingkat internasional. (Foto: Dok. TASPEN)

 Sebelumnya 
"Pengelolaan investasi ini menjadi salah satu agenda penting yang dibahas bersama seluruh anggota ACSPA pada kegiatan Asian Civil Service Pension Forum (ACSPF) yang merupakan bagian rangkaian ASEAN Summit yang diselenggarakan di Jakarta," ujar Kosasih.

Lebih lanjut Kosasih menjelaskan, dalam strategi investasi TASPEN menerapkan prinsip PAHALA, yaitu Pastikan Aman, Hasil, Andal, Likuid dan Antisipatif.

Baca juga : KTT ASEAN ke-43, Jadikan Momentum Unjuk Keberhasilan di Kancah Internasional

Artinya memastikan bahwa investasi selalu memperhitungkan tingkat risiko (Aman), memastikan investasi menghasilkan yield/return yang optimal (Hasil), memastikan instrumen yang digunakan tepat melalui analisis (Andal), memastikan instrumen investasi mudah dicairkan (Likuid), dan memastikan pengalokasian aset-aset investasi dengan memperhatikan kondisi pasar terkini (Antisipatif).

Atas strategi investasi tersebut maka per Juni 2023, dana kelolaan TASPEN lebih banyak dialokasikan pada instrumen Obligasi Pemerintah sebesar 60 persen, 16 persen dialokasikan pada Deposito, 9 persen Obligasi Korporasi, 7 persen Reksadana, 4 persen Saham, 2 persen Surat Utang Jangka Menengah, dan 2 persen instrumen lainnya, seperti investasi langsung, entitas asosiasi, properti, dan efek beragun aset.

Baca juga : Perempuan Harus Jadi Teladan Penanggulangan Intoleransi dan Radikalisme

“TASPEN berkomitmen untuk selalu amanah dalam mengelola dana peserta dan pensiunan ASN dengan meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada peserta dan seluruh pemangku kepentingan,” ujar Kosasih.

Ia menambahkan, dengan pengalaman yang sudah terbukti dalam memberikan pelayanan bagi Aparatur Sipil Negara selama 60 tahun sebagai BUMN yang profesional, TASPEN terus melakukan pembenahan dan mendekatkan diri dengan peserta melalui 57 kantor cabang, 45 Mitra Bayar dan lebih dari 17.000 titik layanan fisik serta lebih dari 3.000.000 titik layanan digital.

Baca juga : Kepala KASN Akui Penanganan Kasus Selingkuh ASN Lambat, Ini Penyebabnya

"Tercatat, saat ini TASPEN melayani 3,72 juta ASN aktif dan 3,03 juta pensiunan ASN yang tersebar di seluruh Indonesia," pungkas Kosasih.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.