Dark/Light Mode

Musim Kemarau Rawan Kebakaran, Tulip Tonata Sediakan Alat Pemadam Terjangkau

Selasa, 5 September 2023 12:00 WIB
Alat pemadam Tulip Tonata Indonesia. (Foto: Ist)
Alat pemadam Tulip Tonata Indonesia. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia sedang memasuki musim kemarau yang menyebabkan rawan kebakaran. Untuk mengantisipasi itu, PT. Tulip Tonata Indonesia menghadirkan alat pemadam api dengan harga terjangkau.

Sales Manager PT Tulip Tonata Indonesia, Eli Puspita mengatakan, pemadam api, khususnya Alat Pemadan Api Ringan (APAR) tidak hanya mutlak tersedia di perkantoran, apartemen, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan yang memang menerapkan standar keselamatan yang ketat. Sebaliknya, APAR juga wajib disediakan di rumah-rumah dan tempat kerja yang rawan kebakaran terlebih yang berada di lokasi yang sulit dijangkau oleh mobil pemadam kebaran.

“Indonesia sudah beberapa bulan dilanda kemarau panjang, masa-masa seperti sekarang ini sangat rawan terjadi kebakaran. Kita semua memang tidak berharap akan terjadinya musibah kebaran, kita berharap agar dijauhkan dari musibah ini. Namun, antisipasi dan mencegah kebaran dengan menyediakan APAR itu sangat penting,” ujar Eli, 

Baca juga : BPBD Kuningan Pastikan Kebakaran Di Gunung Ciremai Sudah Padam

Namun demikian, Eli menganjurkan, agar masyarakat tetap berhati-hati dan waspada dalam memilih produk pemadam api dan alat keselamatan. Pasalnya, saat ini sudah marak dan beredar berbagai produk palsu. Oleh karena itu, sambung Eli, saat ini, pihaknya sedang merancang QR Code di semua alat padam yang diproduksi oleh PT Tulip Tonata Indonesia. 

“Bagi masyarakat yang ingin membeli produk APAR dan keselamatan kami, saat ini sudah banyak tersedia di berbagai wilayah, seperti Tangerang, Bandung, Surabaya, dan Medan. Masyarakat tidak perlu khawatir karena produk kami sudah bersertifikat SNI ISO 9001:2015. Produk dengan sertifikat TKDN menggunakan komponen dalam negri, dan Uji Lab Damkar yang sering dilakukan,” ujar Eli.

Lalu bagaimana soal harga? Harganya ternyata sangat terjangkau bagi masyarakat, misalnya saja harga alat pemadam isi ABC powder kisaran harganya mulai dari Rp 100 ribu-Rp 4 jutaan dan alat pemadam isi AFFF Foam Rp 100 ribu-Rp 700 ribuan. Sementara alat pemadam isi gas karbondioksida dan alat pemadam isi liquid gas di patok seharga mulai Rp 400 ribu hingga Rp 7 jutaan. Tersedia alat pemadam isi air dengan harga Rp 100 ribu hingga 300 ribuan. Untuk alat pemadam isi Wet Chemical K seherga Rp 400 ribu hingga Rp 1 jutaan. 

Baca juga : BNPB Temukan 63 Titik Kebakaran Hutan Di Kalimantan Tengah

“Semua produk kami telah bersertifikasi dan dites secara kualitas dan efektifitas. Tidak hanya apar bersertifikasi, semua produk kami seperti fire hose, scotlight, dll sudah bersertifikasi sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Hubungi sales kami mengenai sertifikat terkait produknya,” ujar Eli.

Tonata, lanjut Eli, bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan konsumen dari segala kalangan dengan menyediakan alat pemadam api dan alat keselamatan dengan harga sangat terjangkau dan kualitas terbaik. Garansi resmi sampai dengan 5 tahun juga diberikan untuk mengantisipasi kendala/ masalah di masa depan.

Ternyata, PT Tulip Tonata Indonesia, tidak hanya menyediakan alat pemadam api untuk tempat tinggal dan perkantoran, namun juga memproduksi secara khusus untuk kendaraan bermotor, seperti mobil penumpang, sedan, MVP, bus, pick up, truk, dan lain-lain. Alat pemadam api Tonata telah dilengkapi dengan bracket dan nozzle, serta dirancang khusus berukuran compact untuk keamanan dan kenyamanan berkendara. Tonata menyediakan varian 0.5 kg, 1 kg dan 2 kg untuk digunakan untuk industri otomotif.

Baca juga : Kapal Kargo Kebakaran, Damkar DKI Kerahkan 15 Unit Mobil Pemadam Dan 75 Personel

Berdiri sejak 2019, Tonata tidak hanya alat pemadam beserta aksesorisnya, namun juga menyediakan produk perlengkapan hydrant meliputi selang pemadam, hydrant valve, instalasi fire pump dan hydrant, segala box hydrant, jet nozzle, DLL. “Kami juga menyediakan alat keselamatan lalu lintas, alat kesalamatan di laut, alat keamanan proyek seperti traffic cone, convex mirror, sarung tangan, DLL,” ucap Eli.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.