Dark/Light Mode

Berkat Kolaborasi

Telin Sukses Ekspansi Bisnis Kabel Laut Hingga Benua Eropa

Rabu, 6 September 2023 05:51 WIB
Kiri-kanan: SVP Corporate Communication  Investor Relation Telkom Ahmad Reza, Direktur Wholesale International Service Telkom, Bogi Witjaksono, Chief Executive Officer Telkom Indonesia Internasional Telin Budi Satria Dharma Purba pada press conference Bali Annual Telkom International Conference BATIC 2023, di The Westin Resort Nusa Dua Bali, Selasa (5/9). (Foto: Fazry/RM.id)
Kiri-kanan: SVP Corporate Communication Investor Relation Telkom Ahmad Reza, Direktur Wholesale International Service Telkom, Bogi Witjaksono, Chief Executive Officer Telkom Indonesia Internasional Telin Budi Satria Dharma Purba pada press conference Bali Annual Telkom International Conference BATIC 2023, di The Westin Resort Nusa Dua Bali, Selasa (5/9). (Foto: Fazry/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) sukses membawa bisnis TelkomGroup mendunia. Dulu, Telin hanya memiliki jalur kabel bawah laut Batam-Singapura, kini sudah membangun fiber optik menuju Eropa.

Direktur Wholesale and International Service PT Telkom Bogi Witjaksono mengungkapkan, setelah delapan tahun Ajang Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) diselenggarakan, Telin mendapatkan banyak kesempatan berkolaborasi hingga merentangkan sayap bisnis ke Benua Eropa dan Amerika.

Telin, anak Perusahaan Telkom ini mendapatkan banyak manfaat saat berjejaring dengan pelaku usaha dari berbagai dunia.

"Kesuksesan Telin berkat kerja sama dengan konsorsium global," tegas Bogi, pada press conference BATIC 2023, di The Westin Resort Nusa Dua Bali, Selasa (5/9).

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Chief Executive Officer (CEO) Telin Budi Satria Dharma Purba, serta SVP Corporate Communication & Investor Relations Telkom Ahmad Reza selaku Moderator.

Baca juga : Kolaborasi Petani Dengan Pabrik AQUA Sukses Atasi Masalah Pengairan Sawah

Sebagai kekuatan TelkomGroup di kancah internasional, Telin aktif terlibat dalam pengembangan infrastruktur global, platform digital, produk dan solusi inovatif, serta memajukan kemitraan strategis.

Telin juga kerap menjalin kolaborasi dengan pemimpin global untuk menentukan arah dari industri telco.

"Event ini (BATIC) membuka mata untuk seluruh pemain global bahwa TelkomGroup siap menjadi partner yang tepat untuk pengembangan digital dan kolaborasi yang seluas- luasnya di kawasan regional," tegas Bogi.

Kegiatan BATIC merupakan wujud komitmen Telkom untuk fokus bermain di segmen bisnis "Business to Business" (B to B) di bidang transformasi digital.

"Telin merupakan perpanjangan Telkom untuk menggarap bisnis B to B untuk pelanggan internasional,” kata Bogi.

Baca juga : Shopee Connect Perkuat Ekosistem Kolaborasi Bagi Konten Kreator Hingga Mitra

Selain fiber optik, bisnis pusat data juga berkembang. Telin berkecimpung dalam bisnis pusat data sejak 10 tahun lalu dan memiliki tiga cabang di luar negeri.

Kini, okupansi pusat data disebut sudah hampir 100 persen.

"Sekarang kami akan membawa pusat data ini ditarik ke negara kita. Ke depan, kami berharap Telin bisa menjadi hub pusat data minimal di ASEAN," kata Bogi.

RI Jadi HUB Kabel Laut Dunia

Budi Satria Dharma Purba mengatakan, 85 persen bisnis Telin berasal dari global.

Telin pun sudah memiliki perwakilan di 14 negara. Kantor terbaru Telin ada di Vietnam.

Baca juga : Kino Dan KidZania Kolaborasi Gali Potensi Anak Lewat Wahana Permainan Peran

"Layanan kami sudah menjangkau 58 lokasi di 26 negara," katanya.

Budi menjelaskan, kabel bawah laut internasional milik perusahaan telah tersebar di 26 negara dengan total panjang lebih dari 250.000 kilometer (km).

"Jadi bukan hanya sekali kelilingi bumi, tapi itu lima kali kelilingi bumi, terbentang mulai dari Asia ke Amerika, Asia ke Eropa. Telin memiliki kapasitas di kabel bawah laut tersebut," kata Budi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.