Dark/Light Mode

Optimalisasi Pelayanan Nasabah, IFG Life-BTN Jalin Kerja Sama Bancassurance

Rabu, 6 September 2023 14:47 WIB
Penandatanganan kerja sama antara IFG Life dengan Bank BTN. (Foto: Istimewa)
Penandatanganan kerja sama antara IFG Life dengan Bank BTN. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dan PT Bank Tabungan Negara (BTN) meningkatkan kerja sama untuk memasarkan produk bancassurance dengan menyasar pangsa pasar nasabah debitur kredit pemilikan rumah (KPR) dari Bank BTN.

Direktur Utama IFG Life Harjanto Tanuwidjaja mengatakan, sebagai preferred partner BTN, IFG Life akan menjadi penyedia utama produk asuransi di Bank BTN. Cakupan kerja sama ini meliputi model integrasi produk, model distribusi untuk segmen massal dengan proses onboarding yang mulus dan disematkan ke produk andalan bank, serta model rujukan untuk segmen prioritas.

“Model kemitraan bancassurance IFG Life-BTN ditujukan untuk tumbuh bersama dengan memperhatikan kebutuhan nasabah. Periode kerja sama ini akan berjalan selama 15 tahun,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima RM.id, Rabu (6/9).

Dia menerangkan, bersama dengan BTN, IFG Life akan mengembangkan ragam produk dan rencana untuk bersama-sama membangun aplikasi gaya hidup untuk melibatkan pelanggan. IFG Life akan menyediakan produk-produk yang berorientasi pada perlindungan kontekstual, inovatif, dan transparan, dengan fokus pada model bisnis tertanam dengan produk yang sederhana dan terjangkau, penetrasi tinggi, serta biaya distribusi efisien.

Baca juga : Beri Promo Spesial di Hari Pelanggan Nasional, Direksi Pertamina Patra Niaga Sapa Langsung Konsumen di SPBU

Oleh karena itu, lanjutnya, penawaran produk baru dari IFG Life ditujukan untuk melibatkan nasabah BTN di semua segmen. Pertama, penawaran produk asuransi kesehatan dan jiwa baru untuk membantu kembali melibatkan nasabah BTN yang tidak aktif.

Kedua, penawaran managed care untuk menambah nilai bagi nasabah BTN yang makmur. Ketiga, produk asuransi melekat yang menyasar kalangan milenial. Keempat, aplikasi gaya hidup BTN yang dikembangkan IFG untuk lebih melibatkan generasi milenial.

Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko mengatakan, kerja sama antara BTN dan IFG Life tersebut merupakan langkah awal yang strategis bagi IFG Life dalam rangka pengembangan bisnis ke depan. IFG Life mendapat dukungan dari ekosistem BUMN, khususnya terkait bancassurance. Pihaknya juga terus mendorong agar IFG Life dapat meraih kerjasama serupa, dalam rangka mendorong anggota holding tersebut menjadi perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia.

“Kerja sama ini sangat strategis bagi dan kami berharap kerja sama ini mendorong IFG Life untuk tampil sebagai salah satu perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia. Langkah ini juga membuktikan bahwa IFG Life mampu menjamin keberlangsungan nilai tambah bagi segenap stakeholder melalui pengembangan bisnis yang prospektif ke depan,” katanya.

Baca juga : Kemasi Barang, Kang Emil Cerita Momen Paling Berat Selama Di Rumah Dinas

Sementara, Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, kerja sama Bank BTN dan IFG Life ini akan memberikan dan menambah solusi bagi nasabah perseroan dengan beragam pilihan produk asuransi yang sesuai kebutuhannya. Bank BTN dan IFG Life memiliki kesamaan visi untuk terus bertumbuh dan melakukan ekspansi layanan kepada para nasabah.

"Kami akan terus mengembangkan beragam produk dan rencana pengelolaan keuangan yang menguntungkan dan perlu bagi nasabah, sehingga secara korporasi kami perlu siapkan dengan membangun aplikasi gaya hidup sesuai kebutuhan masyarakat modern,” jelas Nixon.

Sejumlah strategi dan model bisnis yang membedakan kemitraan IFG Life-BTN dari yang lain, mulai dari produk dengan proposisi menarik, embedded model yang berdampak pada efisiensi biaya distribusi, serta pendapatan berbasis biaya yang kompetitif.

Nasabah akan memperoleh beragam manfaat dengan adanya produk yang relevan untuk memenuhi kebutuhan mereka, produk yang transparan, produk proteksi yang terjangkau, dan tidak adanya biaya yang berlebihan.

Baca juga : IFG Life Pulihkan Public Trust Terhadap Asuransi

“Bagi bank, diharapkan kerja sama ini akan mendukung pertumbuhan bisnis bank yang modern dan sehat. Jelas ini akan menjadi peluang bagi bank untuk meningkatkan fee based dan volume bisnis yang lebih tinggi, ini potensi yang sangat positif bagi BTN,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.