Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

AP II Perluas Layanan TravelinPass Ke 20 Bandara

Senin, 21 Agustus 2023 19:06 WIB
Layanan TravelinPass yang didukung teknologi pengenalan wajah. (Foto: Ist)
Layanan TravelinPass yang didukung teknologi pengenalan wajah. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (AP II) memperluas layanan TravelinPass yang didukung teknologi pengenalan wajah (biometric face recognition) ke seluruh bandara yang dikelola perseroan. Layanan ini dihadirkan bagi traveler untuk memproses keberangkatan rute domestik dengan lebih mudah, cepat dan nyaman. 

Sejak akhir 2021, traveler di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sudah bisa menggunakan layanan TravelinPass. Mulai Agustus-September 2023 layanan ini diperluas ke 16 bandara lainnya. Kemudian, tiga bandara juga dipersiakan untuk menyediakan layanan ini. Sehingga, total 20 bandara AP II akan memiliki layanan TravelinPass.

Traveler dapat dengan sangat mudah mendapatkan layanan TravelinPass ini. Pertama, traveler mengunduh aplikasi Travelin milik AP II di Android atau iOS. Kemudian pilih fitur TravelinPass di aplikasi Travelin. Lalu, di fitur TravelinPass, pengguna melakukan verifikasi akun dengan memilih Try Other Method, pilih Google Sign In, masukkan nomor telepon, dan lanjutkan ke proses Verifikasi Biometric Face Recognition. 

Setelah proses verifikasi, traveler bisa menambah daftar penerbangan di fitur TravelinPass. Kemudian setibanya di bandara pada hari keberangkatan, traveler yang telah menjalani proses di TravelinPass dan hanya membawa bagasi, tidak perlu lagi ke konter check-in, namun bisa langsung ke autogate yang ada di Security Check Point (SCP) guna melakukan verifikasi wajah untuk menuju boarding lounge. 

Baca juga : Tekad Klok Terus Ciptakan Tren Kemenangan

President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, implementasi layanan TravelinPass di bandara-bandara perseroan menandakan masifnya digitalisasi di bandara AP II.  “TravelinPass yang diperkuat biometric face recognition ini bagian dari transformasi yang dijalankan AP II untuk program Customer Experience (CX) dan Digital Exploration (DX), di samping kami juga menjalankan program Operation Excellence (OX),” ujarnya.

“Ini bagian dari upaya kami memanfaatkan teknologi digital guna kemudahan, kecepatan dan kenyamanan traveler. Digitalisasi di aspek pelayanan dapat mewujudkan seamless journey experience,” tambah Awaluddin. 

Awaluddin mengatakan, implementasi digitalisasi juga mendukung AP II yang merupakan member dari holding InJourney, untuk terus meningkatkan standar pelayanan dan berkontribusi dalam pengembangan pariwisata nasional. Layanan TravelinPass ini ditargetkan dapat digunakan oleh 1 juta penumpang pesawat pada tahun ini. 

“Penggunaan TravelinPass berdampak positif pada optimalisasi proses di bandara,” jelas Awaluddin. 

Keuntungan TravelinPass

Baca juga : Manjakan Traveler, AP II Perkuat Layanan Dan Digitalisasi Bandara Soetta

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda mengatakan, layanan TravelinPass memberikan keuntungan bagi traveler. Keuntungan pertama, traveler lebih mudah mempersiapkan keberangkatan dari jauh hari sebelum penerbangan, dengan genggaman saja lewat smartphone. 

“Penumpang pesawat bisa mendapatkan TravelinPass dan melakukan check-in di mana saja, tidak harus menunggu tiba di bandara,” katanya.

Kemudian, keuntungan kedua adalah bebas antrean. Setibanya di bandara, traveler tidak perlu lagi antre di konter check-in. Bagi yang hanya membawa bagasi kabin, bisa langsung menuju TravelinLane untuk melakukan verifikasi wajah di autogate dan langsung ke boarding lounge.

Keuntungan ketiga, traveler tidak perlu mengeluarkan KTP atau boarding pass untuk menuju boarding lounge. “Penumpang cukup melakukan verifikasi pengenalan wajah. Data penumpang pesawat untuk mendapatkan TravelinPass juga sudah diverifikasi dengan data Dukcapil, sehingga dipastikan keamanannya,” jelas Dwi Ananda. 

Baca juga : Bane Raja Manalu Inisiasi Pelaksanaan Layanan Eazy Passport di Kabupaten Dairi

Lalu keuntungan keempat, pengguna TravelinPass dapat mengikuti program komersial yang dijalankan AP II bersama pihak lain, seperti misalnya reward program, cashback & discount dan sebagainya. Keuntungan kelima adalah perjalanan traveler terdokumentasi dengan baik dan rapih, sejalan dengan adanya fitur Riwayat Penerbangan. 

Layanan TravelinPass di bandara AP II ini telah sesuai dengan seluruh regulasi yang ada. Diharapkan, kehadiran TravelinPass dapat memicu lebih banyak lagi implementasi digitalisasi di sektor kebandaudaraan nasional. 

Adapun pada Agustus-September 2023, 17 bandara AP II yang menyediakan layanan TravelinPass dan biometrice face recognition adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Tjilik Riwut (Palangkaraya) Minangkabau (Padang), Raja Sisingamangaraja XII (Silangit), Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), Depati Amir (Pangkal Pinang).

Lalu Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Supadio (Pontianak), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Sultan Thaha (Jambi), Sultan Iskandar Muda (Aceh), HAS Hanandjoeddin (Belitung), Radin Inten II (Lampung), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Sultan Syarik Kasim II (Pekanbaru) dan Banyuwangi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.