Dark/Light Mode

Temui Investor Malaysia

Bahlil: Jangan Takut Bermitra Di Indonesia

Kamis, 7 September 2023 06:45 WIB
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat melakukan pertemuan dengan ASEAN Business Advisory Council (BAC) Malaysia di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (5/9) sore. (Foto: BKPM)
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia saat melakukan pertemuan dengan ASEAN Business Advisory Council (BAC) Malaysia di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (5/9) sore. (Foto: BKPM)

 Sebelumnya 
Menurutnya, untuk mengatasi permasalahan tersebut, saat ini Indonesia membuat peraturan setiap investasi yang masuk wajib berkolaborasi dengan partner lokal. Tapi partner lokal yang pro­fesional dan memenuhi syarat.

Apabila investor ingin menda­patkan rekomendasi partner lokal yang profesional, maka akan diarahkan Kementerian Investasi atau ke Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

“Sini saya bantu. Bapak mau partner lokal yang seperti apa akan saya bantu, saya carikan yang bagus. Jangan takut bermi­tra dengan pelaku usaha lokal di Indonesia. Saya pasti akan bantu berikan rekomendasi yang paling baik,” ucap Bahlil.

Baca juga : Gelar Rakornas, Japelidi Komit Tingkatkan Literasi Digital Indonesia

Tan Sri Nazir Razak berterima kasih atas sambutan baik Bahlil. Dia mengaku, pebisnis Malay­sia memiliki ketertarikan yang cukup besar terhadap peluang investasi di Indonesia. Dan ber­harap diskusi ini dapat berlanjut pada pertemuan berikutnya di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Kami selaku asosiasi pebisnis dari Malaysia datang untuk mengikuti rangkaian KTT Ke-43 ASEAN. Kami memiliki dua peran. Kami mewakili Kadin ASEANdan mewakili Dewan Bisnis antara Indonesia-Malay­sia,” ujar Tan Sri Nazir Razak.

Dia mengaku sudah banyak investasi yang dilakukan para pebisnis Malaysia ke Indonesia. Pihaknya juga melihat, semenjak kepemimpinan Presiden Jokowi makin banyak minat investor yang masuk ke Indonesia.

Baca juga : PM Cook Islands Tamu Pertama KTT ASEAN Yang Tiba Di Indonesia

“Jadi, kami hadir untuk men­dengarkan langsung dari Bapak Menteri tentang peluang in­vestasi yang ada di Indonesia,” ungkap Tan Sri Nazir Razak.

Sebagai informasi, Malaysia menjadi negara urutan kelima dengan nilai investasi tertinggi di Indonesia selama periode tahun 2019 hingga semester I-2023.

Total investasi Malaysia sebe­sar 10,4 miliar dolar AS yang didominasi dari sektor transpor­tasi dan pergudangan; industri kimia; industri makanan; tanaman pangan, perkebunan dan peternakan serta industri kertas dan percetakan.

Baca juga : Supersoccer Arena Diresmikan, Momentum Bangkitkan Sepak Bola Putri Indonesia

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 7/9/2023 dengan judul Temui Investor Malaysia, Bahlil: Jangan Takut Bermitra Di Indonesia

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.