Dark/Light Mode

Sistem Jaminan Halal Dexa Medica Sabet Halal Award

Kamis, 7 September 2023 17:15 WIB
Presiden Direktur PT Dexa Medica menerima penghargaan Halal Award 2023 dari Direktur Utama LPPOM MUI Muti Arintawati. (Foto: Ist)
Presiden Direktur PT Dexa Medica menerima penghargaan Halal Award 2023 dari Direktur Utama LPPOM MUI Muti Arintawati. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dexa Group kembali meraih Halal Award dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). 

Pada ajang Halal Award 2023, Dexa Group meraih penghargaan untuk dua kategori berbeda. Pertama adalah untuk kategori Best Social Contribution on Halal Ecosystem. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dirut LPPOM MUI, Muti Arintawati kepada Presiden Direktur PT Dexa Medica, V Hery Sutanto.

Hery mengatakan, penghargaan ini merupakan bukti komitmen Dexa Group dalam mewujudkan ekosistem halal di Indonesia. Dexa Group mendukung pertumbuhan ekosistem halal di Indonesia yang sangat besar peluangnya.

“Dexa Group secara konsisten memproduksi produk-produk farmasi halal yang dikembangkan berbasis riset, sehingga konsumen mendapatkan produk yang aman dan nyaman," ujar Hery pada acara LPPOM MUI Halal Award 2023 yang digelar di International Convention Center Institut Pertanian Bogor (ICC IPB), Senin (4/9) lalu.

Baca juga : Babak Pertama, Garuda Muda Sikat Thailand 3-1

Dexa Group memiliki ribuan produk yang telah tersertifikasi halal. Produk Dexa Group yang sudah tersertifikasi halal mencapai 97 persen atau lebih dari 1.300 produk. Produk-produk Dexa Group tersebar di lebih dari 13.000 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.

Selanjutnya untuk kategori Best Halal System Implementation diberikan oleh Dirut LPPOM MUI Muti Arintawati kepada Direktur Utama PT Anugrah Argon Medica Juliwaty. "Kami berterima kasih atas penghargaan yang diberikan ini. AAM merupakan distributor farmasi pertama di Indonesia yang menerapkan Sistem Jaminan Halal dalam sistem penyimpanan dan penyaluran produk farmasi," ujar Juliwaty.

Dalam ajang ini Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) STIMUNO juga menjadi nominasi dalam Favorite Halal Brand untuk kategori Medicines, Supplements, and Nutritional Foods. STIMUNO produksi PT Dexa Medica dikembangkan dari kekayaan alam Indonesia yakni tanaman meniran hijau (Phyllanthus niruri) telah teruji klinis sehingga selain tersertifikasi halal juga tersertifikasi Fitofarmaka.

Sementara dalam sambutannya, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengucapkan selamat kepada seluruh perusahaan dan pelaku usaha yang masuk dalam daftar nominasi, dan berhasil meraih penghargaan pada ajang LPPOM MUI Halal Award 2023. 

Baca juga : Kementan Perkuat Tata Kelola Sawit Di Kalsel

“Semoga partisipasi di tahun mendatang kian bertambah. Kiranya industri halal Indonesia juga terus maju pesat dan berkontribusi nyata pada kesejahteraan masyarakat dan bangsa," ujar Wapres.

Pada acara ini hadir juga Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. 

Hadir juga dalam acara ini Presiden Direktur PT Dexa Medica V. Hery Sutanto, Direktur Utama PT Anugrah Argon Medica Juliwaty, Quality Management Director PT Inertia Utama Antonia Retno Tyas Utami, dan Head of Corporate Commmunications Dexa Group Sonny Himawan, serta jajaran direksi dan manajemen perusahaan-perusahaan pemenang Halal Award 2023.

Direktur Utama LPPOM MUI, Muti Arintawati mengatakan, penghargaan ini mendorong terciptanya ekosistem halal di Indonesia. “Besar harapan kami, bagi para pemenang dapat terus semangat menyediakan produk halal yang berkualitas,” ujarnya.

Baca juga : Sukses Jawa Barat Digital Ala Ridwan Kamil

Sebagai Lembaga Pemeriksa Halal pertama di Indonesia, kata dia, LPPOM MUI akan terus berusaha untuk mendampingi dan memberikan solusi kepada seluruh pelaku usaha mitra LPPOM MUI.

Peluang Ekonomi Halal

Sementara itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, peluang ekonomi halal di Indonesia sangat besar. Menurut dia, pengeluaran umat muslim Indonesia untuk sektor halal diprediksi meningkat 7,8 persen pada tahun depan. "Potensi ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha Indonesia," ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berharap, penghargaan ini memotivasi perusahaan untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen untuk menyediakan produk halal. 

Sementara, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, keberpihakan pemerintah dalam pengembangan ekosistem halal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.