Dark/Light Mode

Makin Diminat, Tokopedia Affiliate Tumbuh 16 Kali Lipat Per Juni 2023

Kamis, 7 September 2023 20:09 WIB
Melalui Tokopedia Affiliate, siapa pun bisa menjadi influencer dan mendapatkan penghasilan tambahan. (Foto: Istimewa)
Melalui Tokopedia Affiliate, siapa pun bisa menjadi influencer dan mendapatkan penghasilan tambahan. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Tak hanya itu, guna memaksimalkan dampak Tokopedia Affiliate bagi masyarakat termasuk pelaku UMKM, pihaknya meluncurkan fitur Dipromosikan Affiliate.

Fitur ini memungkinkan penjual yang memenuhi kriteria untuk menawarkan komisi tambahan hingga 20 persen kepada Affiliate.

“Jadi, Affiliate dapat memperoleh penghasilan tambahan yang makin tinggi, sedangkan produk atau toko pelaku usaha bisa makin laris manis,” kata Nirmala.

Fitur ini berkontribusi positif terhadap bisnis para pelaku usaha.

“Pada kuartal II 2023, penjual yang memakai fitur ‘Dipromosikan Affiliate’ di Tokopedia mengalami peningkatan kunjungan halaman produk rata-rata hampir empat kali lipat, dibandingkan penjual yang belum memakai fitur tersebut,” ungkapnya.

Baca juga : Produk Makanan dan Minuman Di Tokopedia Tumbuh 2 Kali Lipat Di Semester I-2023

Jadi Influencer

Tokopedia melakukan berbagai inisiatif guna membantu siapa pun mengasah skill menjadi influencer berkomisi.

Salah satunya, Akademi Kreator Tokopedia, menjadi program ini mewadahi Affiliate berkomunitas dan memberikan akses gratis terhadap berbagai materi edukasi yang bisa mengasah skill sebagai kreator konten.

Seperti membuat skrip video, membuat konten yang menarik banyak audience dan masih banyak lagi.

Selain itu, Tokopedia rutin menyelenggarakan festival tahunan GEMBIRA: Brands and Creators Day sebagai wadah bagi Affiliate untuk memperluas koneksi dengan sesama kreator konten dan brand, mendapat wawasan lewat talkshow edukatif dan mengikuti berbagai aktivitas dan produk eksklusif.

Baca juga : Dengan Hilirisasi, Jokowi Proyeksi Pendapatan Perkapita Naik 2 Kali Lipat Lebih

“Melalui GEMBIRA, Tokopedia ingin memberikan support kepada Affiliate untuk terus mengembangkan potensi sebagai kreator konten. Harapannya, acara ini juga dapat mendukung kolaborasi antara Affiliate dengan pelaku usaha atau pemilik bisnis di Indonesia,” ujar Nirmala.

Amelia Harmelianti menjadi salah satu karyawan yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) dan kehilangan sumber pendapatan utama.

“Walau saya tidak punya skill menjadi kreator konten, saya tetap berusaha pakai Tokopedia Affiliate untuk mendapatkan penghasilan agar bisa bertahan di pandemi,” ujar Amelia.

Untuk mengasah skill membuat konten, Amelia bergabung dalam Akademi Kreator Tokopedia. Lewat akademi ini, Amelia mengaku mendapatkan banyak ilmu yang bisa diterapkan secara langsung, hingga akhirnya berhasil mendapatkan komisi jutaan rupiah per bulan.

Selanjutnya I Gede Suartha Eriyasa juga memanfaatkan Tokopedia Affiliate.

Baca juga : Sukses Di Jakarta, Telkom Siap Gebrak Kota Pahlawan Lewat Digiland 2023

Ia mengaku, komisi yang diperoleh dari Tokopedia Affiliate menjadi sumber pendapatan utama ketika ia belum mendapatkan pekerjaan tetap.

Bahkan setelah mendapat pekerjaan di bidang reparasi laptop dan komputer, Suartha tetap mengandalkan komisi jutaan rupiah yang didapatkan dari Tokopedia Affiliate sebagai tambahan modal usaha dan dana darurat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.