Dark/Light Mode

Luhut Ingatkan Kolaborasi Dan Aksi Konkret

Krisis Iklim Pengaruhi Pangan Dan Kemiskinan

Jumat, 8 September 2023 06:45 WIB
Men­teri Koordinator (Menko) Bi­dang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat pembukaan Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023 di Jakarta, kemarin. (Foto: Tangkapan Layar)
Men­teri Koordinator (Menko) Bi­dang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat pembukaan Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023 di Jakarta, kemarin. (Foto: Tangkapan Layar)

 Sebelumnya 
Yakni, komitmen net zero pada tahun 2060. Komitmen iklim sebesar 20 miliar dolar AS melalui kemitraan internasional. Target penurunan Nationally Determined Contribution (NDC) sebesar 43 persen, hingga investasi energi terbarukan lintas negara sebesar 30 miliar dolar AS.

Luhut juga mempromosikan bahwa Indonesia memiliki cadangan energi terbarukan yang besar. Persediaan itu bakal digunakan untuk mendukung energi hijau dalam mengatasi krisis iklim.

Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang sangat besar dengan daya lebih dari 3.600 GW.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Merias Penari Di Kediri

“Kami akan terus mengem­bangkan bauran energi hijau,” kata Luhut.

Dia menegaskan, Indonesia mempunyai sumber daya mineral penting yang melimpah bagi kehidupan transisi energi. Mulai dari nikel, timah, bauksit, tembaga dalam hal cadangan global.

Untuk itu, Pemerintah Indone­sia membuka ruang kolaborasi dan kerja sama dengan negara di dunia. Di ISF 2023 ini akan membahas banyak topik penting mengenai tantangan keberlan­jutan.

Baca juga : Kolaborasi Petani Dengan Pabrik AQUA Sukses Atasi Masalah Pengairan Sawah

Luhut juga menekankan, ISF 2023 berupaya mendor­ong diskusi yang bermanfaat dan produktif di antara para pemimpin dan pemangku ke­pentingan utama yang hadir dalam dua hari ke depan.

“Saya berharap melalui ISF ini dapat membawa pulang wawasan dan benih yang luas untuk kemitraan yang ber­dampak pada pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif,” harap Luhut.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 8/9/2023 dengan judul Luhut Ingatkan Kolaborasi Dan Aksi Konkret, Krisis Iklim Pengaruhi Pangan & Kemiskinan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.