Dark/Light Mode

Dampingi Presiden Bertemu PM Italia, Zulhas Harap Dukungan Untuk Kelapa Sawit

Selasa, 12 September 2023 00:04 WIB
Foto: Humas Kemendag
Foto: Humas Kemendag

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan ikut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Italia Giorgia Meloni, Minggu (10/9), di New Delhi, India.

Diungkapkan Zulhas, salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah harapan kepada Italia untuk mendukung komoditas kelapa sawit Indonesia dari kebijakan European Union Deforestation Regulation (EUDR).

"Pertemuan Presiden RI dengan Perdana Menteri Italia membicarakan tentang upaya memperkuat hubungan kedua negara. Indonesia juga mengharapkan dukungan Italia untuk produk kelapa sawit kita dari kebijakan European Union Deforestation Regulation. Italia memaklumi dan akan membahasnya," kata Zulhas, dalam siaran pers yang diterima RM.id, Senin (11/9).

Pertemuan bilateral antara Indonesia dan Italia tersebut digelar di sela-sela hari terakhir Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di New Delhi, India.

Baca juga : Denny JA: Presiden Bukan Petugas Partai

KTT G20 untuk Keketuaan India berlangsung pada 9-10 September 2023.

Zulhas menyampaikan, Jokowi mengapresiasi peningkatan investasi Italia di Indonesia.

Jokowi juga mengapresiasi komitmen Italia dalam skema Just Energy Transition Partnership (JETP).

Selain itu, Indonesia juga mengundang Italia untuk turut mengembangkan ekosistem kendaraan listrik, infrastruktur hijau, dan pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Baca juga : Didampingi Menteri Siti, Presiden Resmikan Pusat Kendali Asap Lintas Batas ASEAN

"Kita juga mengundang Italia," ungkap Ketua Umum PAN itu.

Pada periode Januari-Juli 2023, total perdagangan Indonesia dengan Italia mencapai 2,58 miliar dolar AS.

Ekspor Indonesia ke Italia tercatat sebesar 1,46 miliar dolR AS dan impor Indonesia dari Italia 1,11 miliar dolar AS. Indonesia menikmati surplus 349 juta dolar AS.

Sementara itu, total perdagangan pada 2022 tercatat sebesar 4,61 miliar dolar AS.

Baca juga : Zulhas: Kalau Lampunya Mati, Mbok Ngasih Tangan, Ini Belok Nggak Ngasih Sein

Ekspor Indonesia ke Italia tercatat sebesar 3,12 miliar dolar AS dan impor Indonesia dari Italia 1,48 miliar dolar AS. Indonesia surplus 1,64 miliar dolar AS.

Adapun komoditas ekspor utama Indonesia ke Italia adalah minyak kelapa sawit dan pecahannya, batu bara, briket, asam lemak monokarboksilat untuk industri, dan baja tahan karat dalam bentuk canai.

Sementara itu, komoditas impor utama Indonesia dari Italia antara lain peralatan bepergian, mesin cuci, helikopter dan pesawat terbang, dan suku cadang mesin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.