Dark/Light Mode

Konservasi Sungai, Agincourt Resources Perluas Lubuk Larangan Sepanjang 8 Kilometer

Selasa, 12 September 2023 09:37 WIB
PT Agincourt Resources bersama masyarakat melepas ribuan bibit ikan jurung dan bibit ikan mas di lubuk larangan Sungai Sumuran, Batangtoru, Tapanuli Selatan, pada Selasa 5/9/2023. (Dok: PTAR)
PT Agincourt Resources bersama masyarakat melepas ribuan bibit ikan jurung dan bibit ikan mas di lubuk larangan Sungai Sumuran, Batangtoru, Tapanuli Selatan, pada Selasa 5/9/2023. (Dok: PTAR)

 Sebelumnya 
Kepala Desa Sumuran Sarman, berharap nantinya saat lubuk larangan dibuka atau disebut juga panen ikan, manfaat lubuk larangan dapat dirasakan masyarakat.

Panitia lubuk larangan akan menjual tiket bagi pemancing ikan yang berpartisipasi dalam pembukaan lubuk larangan.

Menurutnya, pihak desa dan panitia sudah membuat alokasi dana yang akan masuk dari pembukaan lubuk larangan.

Baca juga : Rius Vernandes Berbagi Tips Liburan Nyaman Lewat Danamon Privilege

Sebagian untuk santunan kepada anak yatim dan lansia serta keluarga tidak mampu, sebagian lain untuk memperbaiki fasilitas umum desa.

“Hal penting lainnya adalah masyarakat ikut terlibat dalam melestarikan lingkungan di sungai dan sekitar sungai serta menghindari tindakan yang dapat mengakibatkan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Sungai yang lestari tentunya bermanfaat untuk masa depan anak cucu kita,” ujar Sarman.

Sebelum di Sungai Aek Ngadol dan Sungai Desa Sumuran, PTAR mengembangkan lubuk larangan di Sungai Garoga tepatnya di Desa Garoga dan Sungai Batu Horing.

Baca juga : Konser Spektapora, Ungu Siap Duet Dengan Penyanyi Dangdut Koplo

Pada Mei 2023, lubuk larangan Desa Garoga berhasil dibuka untuk panen bersama dengan masyarakat.

Terlihat dari antusiasme masyarakat yang besar, panen diadakan dua kali.

Panen lubuk larangan saat itu menghasilkan pendapatan sekitar Rp 40 juta yang digunakan untuk kebutuhan desa.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.