Dark/Light Mode

RI Lanjutkan 3 Sektor Prioritas KTT G20 Bali

Rantai Pasok Global Kudu Adil Untuk Semua Negara

Kamis, 14 September 2023 07:10 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah), dan Presiden Joko Widodo (kanan) dalam pertemuan KTT G20 New Delhi, India, Rabu (13/9/2023). (ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (tengah), dan Presiden Joko Widodo (kanan) dalam pertemuan KTT G20 New Delhi, India, Rabu (13/9/2023). (ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia memastikan komitmen Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada 2022 dibawa ke KTT G20 di New Delhi, India. Ada tiga sektor komitmen prioritas Indonesia yang dilanjutkan dalam KTT G20 di Negeri Bollywood.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, tiga sektor tersebut yaitu, arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi digital dan transisi energi.

Baca juga : Bahlil: Pajak Global 15 % Akal-akalan Negara Maju

“Seluruh negara sudah satu arah, ke depan transformasi digital ini sesuatu yang harus dikawal. Apalagi kecepatan dari digital ter­masuk AI (Artificial Intelligence/ kecerdasan buatan) lebih cepat dari para regulator, sehingga ini penting untuk mitigasi risikonya,” kata Airlangga dalam keterangan tertulis, kemarin.

Adapun prioritas di bidang transformasi ekonomi digital berkaitan dengan keamanan siber dan regulasi terkait AI.

Baca juga : Pertamina Ngebet Pake Mobil Listrik Untuk Niaga

Sementara, dalam prioritas tran­sisi energi juga dibahas mengenai hilirisasi industri manufaktur se­cara berkelanjutan dan upaya men­dorong low carbon economy.

Airlangga juga menegaskan kembali pernyataan Presiden Jokowi, yakni Indonesia memiliki posisi sebagai negara netral, tidak berada pada dikotomi utara-selatan atau timur-barat, melainkan sesuai dengan tema Presidensi G20 New Delhi yakni “One Earth, One Family, One Future”.

Baca juga : PUPR Lanjutkan Jaringan Irigasi Baliase Di Sulawesi Selatan

Ketua Umum Partai Golkar ini menyatakan, dengan keber­samaan tersebut, diharapkan ekonomi akan lebih berkeadilan dan seluruh pihak memiliki akses sama terhadap sumber daya.

Terkait substansi, Airlangga me­nyampaikan sejumlah kesepakatan dalam Deklarasi New Delhi yang turut berdampak bagi Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.