Dark/Light Mode

Kampanyekan Selangkah, LPKR dan SILO Gelar Skrining Kanker Payudara

Kamis, 14 September 2023 11:07 WIB
Talkshow dan layanan skrining kanker payudara yang digelar LPKR dan SILO di Siloam Hospital. (Foto: Istimewa)
Talkshow dan layanan skrining kanker payudara yang digelar LPKR dan SILO di Siloam Hospital. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Lippo Karawaci Tbk. atau LPKR, platform real estate dan layanan kesehatan swasta terbesar di Indonesia, lewat anak usahanya, PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), berkomitmen terus mengembangkan akses masyarakat kepada industri kesehatan serta memenuhi kebutuhan kesehatan di Indonesia.

Salah satu wujud komitmen tersebut adalah dengan menyediakan layanan skrining kanker payudara untuk wanita di seluruh Indonesia yang memiliki keterbatasan akses melalui kampanye SELANGKAH (SEmangat LAwan KANker), yang berlangsung pada Maret hingga Desember 2023.

Skrining kanker payudara ini sendiri menggunakan mesin mamografi yang tersedia di 14 RS Siloam di seluruh Indonesia untuk memeriksa 25.000 wanita.

LPKR dan SILO secara resmi menggelar layanan skrining kanker payudara untuk wanita pekerja informal dengan keterbatasan akses yang berdomisili di sekitar kawasan Lippo Village, di RS Siloam Lippo Village, Tangerang, Jumat (8/9) lalu.

Baca juga : Tingkatkan Standar Keamanan, AP1-ACI Gelar APEX in Security Di Bandara YIA

Selain skrining, digelar juga talkshow Semangat Lawan Kanker - Bincang Sehat Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dengan narasumber Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr.Achmad Muchlis. MARS dan Spesialis Bedah RS Siloam Lippo Village Dr. Freda Susana Halim, Spb.

Achmad Muchlis menyampaikan, hingga pertengahan Agustus 2023 tercatat sekitar 539 ribu wanita usia subur di Kabupaten Tangerang yang bersedia untuk melakukan skrining kanker payudara.

"Dari jumlah tersebut, lebih dari 110 ribu telah melakukan skrining kanker payudara," ujar Achmad dalam keterangannya, Kamis (14/9).

Sementara itu, Freda menyarankan agar wanita lebih aktif mencari informasi yang berkaitan dengan risiko kanker payudara sekaligus aktif melakukan pengecekan sendiri.

Baca juga : Rapatkan Barisan, NasDem Dan PKB DKI Jakarta Gelar Istigosah Dan Doa Bersama

Sejak tahun 2022, World Health Organization menginisiasi tema Hari Kanker Sedunia dengan tema “Close the Care Gap” untuk mengurangi kesenjangan dalam pengetahuan dan perawatan kanker.  

Menurut data Kemenkes tahun 2022, angka kejadian penyakit kanker di Indonesia adalah sebesar 136 orang per 100.000 penduduk atau berada pada urutan ke-8 di Asia Tenggara.

Dari segi jenisnya, kanker payudara merupakan kanker yang paling banyak ditemukan di dunia seperti halnya di Indonesia.

Menurut data dari The Global Cancer Observatory, sebanyak 17 persen dari seluruh kasus kanker adalah kanker payudara dan angka kematian global akibat kanker payudara mencapai 7 persen di tahun 2020.

Baca juga : Atap Bangunan Ringkih, Pegawai Kerja Pakai Helm

Presiden Komisaris SILO sekaligus Group CEO LPKR John Riady mengatakan dengan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dari segi skala dan inovasi, SILO berada dalam posisi strategis untuk mendukung transformasi layanan kesehatan di Indonesia yang dipimpin Kemenkes.

Letak geografis 41 RS Siloam yang berada di 23 provinsi di Indonesia juga menempatkan SILO dalam posisi strategis untuk menyediakan layanan skrining kanker payudara.

"Kompetensi tenaga medis dan fasilitas yang tersedia di RS Siloam mampu untuk melakukan deteksi dini dan mendukung terciptanya layanan pengobatan kanker yang berkelanjutan," ujar Jhon.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.