Dark/Light Mode

Cek Link Pendaftarannya Di Sini

Tiket Uji Coba KA Cepat Gratis Tahap 1 Langsung Ludes, Tahap 2 Dibuka Mingdep

Minggu, 17 September 2023 05:15 WIB
Cek Link Pendaftarannya Di Sini Tiket Uji Coba KA Cepat Gratis Tahap 1 Langsung Ludes, Tahap 2 Dibuka Mingdep

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membuka pendaftaran uji coba operasional KA Cepat gratis untuk masyarakat umum. Dari pantauan RM.id, tiket tahap 1 sudah ludes tak bersisa, begitu link pendaftaran dibuka pada hari ini, Minggu (17/9/2023). Namun, menurut info yang dibagikan KCIC, masih ada pendaftaran tahap 2 yang dibuka minggu depan (mingdep) tanggal 24 September 2023.

Kegiatan uji coba operasional ini memberikan kesempatan kepada masyarakat, untuk merasakan pengalaman menggunakan kereta api berkecepatan tinggi hingga 350 km per jam.

 

 

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, masyarakat yang ingin menjajal KA Cepat ini dapat melakukan pendaftaran melalui situs https://ayonaik.kcic.co.id/

Pendaftaran akan dibuka secara bertahap, dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Pendaftaran tahap 1 dibuka mulai Minggu 17 September 2023, untuk jadwal keberangkatan tanggal 18 s.d 24 September 2023.

2. Pendaftaran tahap 2 dibuka pada 24 September untuk keberangkatan tanggal 25 s.d 30 September 2023.

Baca juga : Gus Fawaid Religius, Disukai Emak-emak

3. Setelah melakukan pendaftaran, calon penumpang akan mendapatkan email sebagai bukti pendaftaran.

4. Satu pendaftar dapat melakukan pemesanan untuk maksimal 2 penumpang.

5. Satu NIK hanya dapat melakukan pemesanan 1 kali selama masa uji coba.

6. Pemesan wajib mengisi data diri dan memilih jadwal keberangkatan, serta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.

7. Perjalanan berlaku pulang pergi dan wajib mengikuti sesuai jadwal KA.

8. Pada hari H perjalanan, calon penumpang wajib melakukan verifikasi kepada petugas KCIC, dengan menunjukkan bukti pendaftaran dan kartu identitas

Kegiatan uji coba KA Cepat gratis ini akan dilakukan hingga 30 September 2023, dengan kuota terbatas 500 tempat duduk, untuk setiap perjalanan KA Cepat.

Selama masa uji coba terbatas KA Cepat gratis ini, setiap harinya, KCIC menyediakan 4 jadwal perjalanan pulang pergi (PP). Sehingga, total terdapat 8 perjalanan KA yang beroperasi setiap hari, selama masa uji coba yang akan berlangsung hingga 30 September 2023.

Baca juga : Kereta Cepat Membangun Sejarah dan Peradaban

Dari 4 jadwal tersebut, 2 di antaranya merupakan keberangkatan Stasiun Halim. Sisanya, dari Stasiun Tegalluar dengan waktu keberangkatan sebagai berikut:

1. Relasi Stasiun Halim - Tegalluar PP : Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB

2. Relasi Stasiun Tegalluar - Halim PP : Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB

Untuk memastikan keselamatan penumpang, masyarakat yang ada dalam manifes perjalanan, dilindungi oleh asuransi.

Karena itu, penting bagi calon penumpang untuk mengisi data diri dengan baik dan benar, ketika melakukan pendaftaran.

Calon penumpang diimbau agar memperhatikan jadwal KA Cepat yang dipilih, dan datang selambatnya satu jam sebelum jadwal keberangkatan, untuk menghindari antrean pada saat proses verifikasi data calon penumpang.

Calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KA Cepat Halim, dapat melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum.

Di area Bandung, KCIC bekerja sama dengan berbagai pihak, memudahkan masyarakat menjangkau Stasiun Tegalluar.

Baca juga : Cek Di Sini, 9 Fakta Uji Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Bersama Damri, KCIC menyediakan 8 armada shuttle yang bisa digunakan masyarakat, menuju Stasiun Tegalluar dengan titik keberangkatan Pool Damri Soekarno-Hatta.

Selain Damri, kerja sama juga dilakukan dengan Summarecon yang menyediakan 4 unit medium bus, hasil kerja sama dengan Blue Bird dengan titik keberangkatan Mall Summarecon Bandung.

Kehadiran shuttle ini merupakan salah satu bagian dari integrasi antar moda, yang akan diterapkan saat KA Cepat beroperasi penuh.

Selain menggunakan shuttle, kendaraan yang menuju Stasiun Tegalluar juga dapat melalui Exit Tol KM 149 arah Cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00 s.d 17.00 WIB.

Tentang KA Cepat

Kereta Api Cepat relasi Jakarta-Bandung adalah layanan KA Cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, yang akan beroperasi dengan kecepatan hingga 350 km/h.

KA Cepat relasi Jakarta-Bandung memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan, dan melayani 4 Stasiun: Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Untuk meningkatkan konektivitas, KA Cepat relasi Jakarta-Bandung akan terkoneksi dengan LRT Jabodebek, KA Feeder, Commuter Line Bandung Raya, Bus Rapid Transit, shuttle, dan taksi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.