Dark/Light Mode

Rayakan Hari Kesehatan Gigi Nasional

Formula Oral Care Edukasi Siswa SD Lewat Eggsperimen

Minggu, 17 September 2023 19:49 WIB
Formula membuat terobosan baru dengan metode edukasi bertajuk Eggsperimendi Sekolah Stella Maris, Jakarta, Minggu (17/9). Foto: Istimewa
Formula membuat terobosan baru dengan metode edukasi bertajuk Eggsperimendi Sekolah Stella Maris, Jakarta, Minggu (17/9). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Masalah kesehatan gigi dan mulut tak bisa dipandang remeh. Ada banyak dampak buruk jika perawatan gigi dan mulut tidak dilakukan secara konsisten dan sedini mungkin.

Kepedulian terhadap hal ini, mendorong Formula membuat terobosan baru dengan metode edukasi bertajuk Eggsperimen.

Mengawali di Sekolah Stella Maris Jakarta, ratusan siswa turut terlibat dalam kegiatan peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) dengan melakukan aktivitas menyikat gigi bersama serta eksperimen.

Baca juga : Merdeka Belajar Episode Ke-26: Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi

"Pada HKGN tahun ini kami melakukan sebuah terobosan dalam metode mengedukasi masyarakat tentang pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut. Metode ini kami namai Eggsperiman. Sebuah kegiatan eksperimen sederhana yang mudah dipahami oleh semua kalangan untuk menunjukkan pentingnya melakukan perawatan gigi secara rutin dan benar," kata Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group (Formula Oral Care), Minggu (17/9).

Pada kegiatan Eggsperimen ini para siswa Stella Maris diminta melakukan percobaan sederhana menggunakan cangkang telur dan air cuka. Di sana akan terlihat perbedaan cangkang telur yang dirawat dan tidak.

Cangkang telur memiliki kandungan kalsiumnya sama dengan gigi manusia. Dengan eksperimen ini akan terlihat perilaku rutin dalam merawat gigi.

Baca juga : BI DKI Gelar Festival Kuliner Di Lippo Mall Puri

Ketika cangkang telur yang pakai pasta gigi Formula direndam dalam larutan cuka akan terlihat sedikit buih dan tidak mudah rapuh. Dibandingkan dengan cangkang telur yang tidak direndam pasta gigi akan penuh dengan buih.

"Dan jika dibiarkan lebih lama akan mudah rapuh dan hancur," tegas Harianus.

Sementara itu, langkah Formula ini juga diapresiasi Dokter Gigi Dewi Widjaja. Dia mengatakan, eksperimen seperti ini sangat membantu memberikan pemahaman kepada anak-anak khususnya untuk lebih peduli dengan kesehatan giginya sejak kecil.

Baca juga : Cek Kesehatan Dulu, Baru Lunasi Biaya Haji

"Metode ini sederhana tetapi sangat lengkap dalam menjelaskan apa dampak baik jika rajin merawat gigi dan dampak buruk jika tidak. Saya mendukung jika Eggsperimen ini disebarluaskan agar lebih banyak lagi masyarakat khususnya anak-anak yang peduli terhadap kesehatan gigi dan mulut," tutur Dewi.

Seperti diketahui, kegiatan Eggsperimen ini selanjutnya akan menyasar di daerah Kuningan, Solok, Malang dan Palembang. Targetnya, lebih dari 10.000 pelajar sekolah dasar diharapkan bisa teredukasi dengan adanya kegiatan ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.