Dark/Light Mode

Dukung Program Penghijaun, Industri Hulu Migas Tanam 2 Juta Pohon

Rabu, 20 September 2023 20:32 WIB
Penanaman pohon sebanyak 10 ribu batang yang bekerja sama dengan Taman Hutan Rakyat (Tahura). (Foto: Istimewa)
Penanaman pohon sebanyak 10 ribu batang yang bekerja sama dengan Taman Hutan Rakyat (Tahura). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara sebanyak 800 ribu pohon lainnya akan dilakukan melalui implementasi Program Pengembangan Masyarakat (PPM) dan program 1 - 2 Trees SKK Migas – KKKS.

Komitmen penanaman hulu migas 2023 ini lebih banyak dari komitmen tahun sebelumnya yang telah menanam 1,7 juta pohon ataupun program 2021 yang menanam 1,2 juta pohon.

Sejak program Renstra IOG 4.0 diluncurkan pada 2020, SKK Migas telah melakukan penanaman sebanyak 6,3 juta pohon.

Baca juga : Bahlil: Investasi Hulu Migas Dongkrak Ekonomi Daerah, Potensi Masih Besar

Untuk menumbuhkan budaya mencintai dan merawat lingkungan di kalangan pekerja hulu migas, SKK Migas menginisiasi Program One Two Trees, dimana setiap 1 pegawai hulu migas, harus menanam 2 pohon.

"Program penanaman pohon ini kami galakkan sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada anak-cucu kita untuk memelihara kualitas lingkungan. Program ini sama pentingnya dengan usaha-usaha yang harus kita lakukan untuk menggantikan cadangan yang kita produksikan," tambah Dwi Soetjipto.

Ancaman perubahan iklim yang dikhawatirkan menyebabkan terjadinya krisis pangan, dirasakan oleh semua negara, termasuk Indonesia.

Baca juga : Metranet Telkom Dukung Percepatan Transformasi Digital Industri Pangan

Sejak awal pemerintah Indonesia telah mengusahakan agar semua pihak mewaspadai dan menjaga lingkungan sekitar dengan melakukan program-program yang dapat menjawab kekhawatiran tersebut, termasuk melalui program penanaman pohon.

Untuk ikut mensukseskan program penurunan emisi karbon, SKK Migas melakukan berbagai inisiatif untuk mendukung tujuan tersebut.

Selain menggelar program penghijauan, SKK Migas juga mencanangkan program low carbon initiative ke dalam program transformasi hulu migas.

Baca juga : Telkom Dukung Percepatan Digitalisasi Industri Manufaktur

Pencanangan tersebut kemudian diimplementasikan melalui berbagai program. Selain program penghijauan, kegiatan lain yang dilakukan antara lain mengusahakan penurunan emisi gas buang dan melakukan energy manajemen.

Program lain yang dilakukan adalah meminta beberapa Kontraktor KKS untuk melakukan studi penurunan emisi, bahkan beberapa Kontraktor KKS telah mendapatkan persetujuan menerapkan teknologi penangkapan, utilisasi, dan penyimpanan karbon atau carbon capture, utilization, and storage (CCS/CCUS) yang dinilai dapat membantu dalam proses transisi menuju energi bersih. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.