Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Fajrin Rasyid Dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya 

Jumat, 27 September 2019 13:23 WIB
Fajrin Rasyid saat menerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya. (Foto: Istimewa)
Fajrin Rasyid saat menerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Muhammad Fajrin Rasyid, salah satu pendiri dan Presiden Bukalapak, hari ini (Jumat, 27/9) menerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Pemerintah Indonesia. Tanda kehormatan ini diberikan karena Fajrin dianggap berhasilan menciptakan pasar daring Bukalapak dan menjadi perusahaan teknologi unicorn yang secara konsisten berupaya memperluas literasi digital dan membangun UMKM di Indonesia demi meningkatkan pendapatan masyarakat.  

Penganugerahan ini adalah yang kedua kalinya untuk Bukalapak. Pada 2016, Achmad Zaky, CEO dan Founder Bukalapak, mendapatkan tanda kehormatan yang sama. Hal ini menjadikan Bukalapak satu-satunya perusahaan teknologi unicorn yang diapresiasi Pemerintah Indonesia dua kali. 

Satyalancana Wira Karya merupakan salah satu penghargaan bergengsi yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada warga negara yang jasa dan darma baktinya dianggap besar kepada negara dan bangsa, sehingga dapat dijadikan teladan bagi orang lain.  

Baca juga : Srikandi Milenial Gelar Aksi Tanda Tangan Minta Pelantikan Pimpinan KPK Baru

“Saya menerima tanda kehormatan ini atas nama seluruh tim Bukalapak. Kami merasa bangga bahwa hasil karya kami selama hampir 10 tahun ini dihargai dan diakui dapat mendorong Indonesia unggul dan berdaya,” ungkap Fajrin Rasyid.  

Dalam 10 tahun perjalanannya, Fajrin telah memimpin Bukalapak menjadi perusahaan dewasa yang memberi dampak nyata bagi kehidupan sosial dan perekonomian bangsa. Ada lima terobosan yang dilakukan.

Pertama, meningkatkan adopsi teknologi oleh pelaku UMKM melalui kerja sama dengan 34 Pemerintah Provinsi dan 416 Kabupaten di seluruh Indonesia. Kedua, membangun Learning Center bersama Universitas Pamulang agar pelaku UMKM dapat  mempelajari cara memanfaatkan kesempatan bisnis online.

Baca juga : Ketua Parlemen dan Menteri Thailand Beri Penghormatan pada Mendiang BJ Habibie

Ketiga, membuka kesempatan di pasar daring agar UMKM di Purbalingga terhubung ke pengguna Bukalapak melalui fitur Tuka Tuku Purbalingga. Keempat, mengkoneksi lebih dari 2 juta warung dan agen individu melalui strategi offline-to-online Mitra Bukalapak. Kelima, membuka kesempatan pelaku UMKM untuk memperluas pasar ke mancanegara melalui BukaGlobal.  

Fajrin adalah salah satu pendiri Bukalapak yang percaya bahwa teknologi yang sebelumnya dianggap sebagai disrupsi, perlahan dapat menjadi solusi. Salah satu filosofi hidupnya adalah berkarya agar dapat memberi manfaat bagi orang lain, sehingga Fajrin tidak pernah berhenti belajar. Pembelajaran ini dilakukan dengan membaca buku maupun melanjutkan Pendidikan formalnya.

Di bawah kepemimpinan Fajrin, Bukalapak telah dipercaya oleh lebih dari 70 juta pengguna aktif, lebih dari 4 juta pelapak dan lebih dari 2 juta warung serta agen di seluruh Indonesia. Penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya oleh Pemerintah Indonesia dianggap penting untuk menumbuhkan kebanggaan, sikat keteladanan, semangat kejuangan, dan motivasi untuk meningkatkan darma bakti kepada bangsa dan negara. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.