Dark/Light Mode

Bank Mandiri Sediakan Layanan Berbasis Digital Kepada Perumda Pasar Jaya

Selasa, 26 September 2023 15:04 WIB
Bank Mandiri bersama Perumda Pasar Jaya dan Mitra Transaksi Indonesia Yokee berkolaborasi menyediakan layanan Penagihan Service Charge. (Foto: Dok. Bank Mandiri)
Bank Mandiri bersama Perumda Pasar Jaya dan Mitra Transaksi Indonesia Yokee berkolaborasi menyediakan layanan Penagihan Service Charge. (Foto: Dok. Bank Mandiri)

 Sebelumnya 
Kerja sama ini diwujudkan melalui pengembangan Platform Penagihan BPP berbasis Digital yang dapat memberikan berbagai fitur, seperti pembayaran BPP secara non tunai, pencatatan pendapatan BPP yang real-time online, serta simplifikasi rekening penerimaan pembayaran BPP pedagang pasar dengan satu rekening bank saja.

Sebelumnya, Bank Mandiri pun telah melakukan piloting layanan ini di tiga lokasi yakni Pasar Jatinegara, Pasar Baru dan Pasar Sunan Giri sejak Februari 2023.

Hasilnya, sampai dengan akhir Agustus 2023 sudah ada lebih dari 3.000 pedagang yang terdaftar dengan total volume transaksi mencapai Rp 8,02 miliar dan tumbuh membaik. 

Baca juga : Lestarikan Tradisi, Relawan Ganjar Gelar Lomba Voli Di Kabupaten Pulang Pisau

Adapun, platform Penagihan BPP berbasis Digital ini diberi nama ‘Jak-EZ’ oleh Perumda Pasar Jaya. Platform anyar ini akan dipaparkan pada Jakarta Innovation Days (JID) 2023, yang akan diselenggarakan pada tanggal 25-27 September 2023 di Balai Kota DKI Jakarta dan berbagai lokasi lainnya di Jakarta.

"Kerja sama ini merupakan wujud komitmen kami untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Jakarta sebagai kota yang berkelanjutan," kata Aquarius.

Dengan Penagihan BPP berbasis Digital pada pasar tradisional, Bank Mandiri berharap dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan pasar, serta meningkatkan kesejahteraan pedagang pasar. 

Baca juga : Relawan Pena Mas Ganjar Sosialisasikan Sertifikasi Halal Kepada UMKM Di Tegal

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Agus Himawan Widiyanto menuturkan, pihaknya berharap Jak-EZ mampu menjadi menjadi solusi yang efektif dalam meningkatkan pengelolaan BPP pada pasar-pasar di Jakarta yang dikelola oleh Perumda Pasar Jaya.

"Jak-EZ merupakan inovasi yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan BPP pada pasar-pasar di Jakarta yang dikelola oleh Perumda Pasar Jaya," ujar Agus Himawan Widiyanto.

Jak-EZ juga merupakan program breakthrough yang menjadi salah satu solusi Perumda Pasar Jaya dalam memperbaiki collection Account Receivable sebagaimana dijelaskan oleh Ratih Mayasari, Direktur Keuangan Perumda Pasar Jaya.

Baca juga : Kiai Di Lebak Minta Ganjar Kembangkan Ekonomi Berbasis Pertanian Di Pesantren

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Yokke Niniek S Rahardja mengatakan, Yokke berkomitmen untuk mendukung digitalisasi pasar tradisional di Indonesia.

Pihaknya meyakini, digitalisasi pasar tradisional dapat memberikan berbagai manfaat, seperti peningkatan efisiensi, transparansi, dan kemudahan bagi pedagang pasar.

"Kami berharap kerja sama ini dapat menjadi contoh bagi pasar tradisional lain di Indonesia untuk menerapkan digitalisasi,” pungkas Yokke.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.