Dark/Light Mode

Gading Serpong Jadi Magnet Baru Ekonomi di Tangerang Raya

Selasa, 26 September 2023 22:31 WIB
Maket Manhattan District, di Gading Serpong. (Foto: Istimewa)
Maket Manhattan District, di Gading Serpong. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kota penyangga bukan lagi menjadi beban, namun telah berkembang menjadi kawasan yang sangat hidup. Hal tersebut karena adanya konektivitas dan aksesibilitas dalam satu kawasan. Salah satunya wilayah Gading Serpong, Tangerang, Banten.

"Kota Gading Serpong telah berkembang sangat pesat. Sekitar 10 tahun yang lalu terjadi fenomena peningkatan popularitas wilayah Tangerang, sehingga harga properti meningkat tajam. Sejak saat itu, Kota Gading Serpong telah bertumbuh sangat pesat, didukung dengan penambahan beragam fasilitas yang membuat kota ini semakin lengkap," kata Presiden Direktur Paramount Land M Nawawi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/9).

Pertumbuhan Gading Serpong tidak terlepas dari aksesibilitas yang tinggi, yang lokasinya dikelilingi pengembangan kota mandiri lain. Akses juga semakin beragam, membuat kota ini dapat dijangkau dari mana saja dan oleh siapa saja.

Baca juga : Pertamina Siap Menjadi Market Leader Perdagangan Karbon Di Indonesia

Nawawi menjelaskan, meningkatnya populasi di Gading Serpong juga semakin meningkatkan kebutuhan masyarakat akan produk komersial. Hal ini sesuai dengan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2020 yang menyebutkan bahwa kebutuhan rumah di Indonesia masih sangat tinggi. Hal ini menjadi latar belakang Paramount Land menghadirkan Manhattan District, dengan salah satu produk unggulannya yaitu Hampton Square, yang hadir dengan konsep menarik dan anchor tenant sebagai daya tarik utama.

Kawasan-kawasan prospektif kerap menjadi incaran seperti di wilayah Gading Serpong, Tangerang, Banten, yang telah berkembang menjadi kawasan yang sangat hidup. Dibangunnya fasilitas komersial yang terintegrasi langsung dengan area perumahan memudahkan para penghuni dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari

"Artinya, penghuni tidak lagi perlu berkendara jauh untuk menuju supermarket, rumah makan, mengantarkan anak sekolah, atau bahkan beribadah. Seluruh kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi dengan mudah. Hadirnya fasilitas komersial, seperti kafe dan restoran cepat saji di dalam kawasan perumahan juga memungkinkan terciptanya gaya hidup modern," ujarnya.

Baca juga : Ganjar Didukung Tokoh Lintas Agama Di Tangerang Raya

Dengan adanya fasilitas komersial di area yang terintegrasi dengan hunian, penghuni dapat menghemat lebih banyak waktu, tenaga, dan biaya. Hal ini dikarenakan kemudahan menjangkau area komersil hanya dengan berjalan kaki dari rumah. Ini juga merupakan alternatif upaya yang tepat untuk mengurangi angka polusi udara akibat kendaraan bermotor.

Selain itu, pentingnya fasilitas komersial di kawasan perumahan yaitu meningkatkan nilai jual hunian. Seperti yang diketahui, harga properti di Indonesia setiap tahunnya cenderung mengalami kenaikan harga. Dengan adanya area komersial, properti hunian lebih mudah dijual kembali atau diinvestasikan dengan nilai keuntungan yang berlipat ganda.

Dibandingkan dengan kawasan lainnya di barat Jakarta, Kota Gading Serpong diklaim paling strategis karena berada di tengah-tengah pengembangan kawasan besar lainnya, yaitu Alam Sutera, BSD, Karawaci, dan lainnya. Aksesibilitas tinggi dengan opsi moda transportasi umum yang beragam. Lokasi yang strategis dibuktikan dari pesatnya pembangunan di Gading Serpong, mulai dari infrastruktur, fasilitas kota, sarana dan prasarana, hingga bangunan residensial dan komersial.

Baca juga : Lewat Pesan Video, Adik Kandung Doni Monardo Ungkap Kondisi Terkini Abangnya

Kota Gading Serpong juga semakin dipadati penduduk yang menetap maupun transit, serta difavoritkan masyarakat Jabodetabek sebagai meeting point. Central Business District (CBD) Tangerang Raya tersebar di berbagai wilayah, salah satunya Gading Serpong yang sangat terkenal sebagai pusat kuliner, pusat bisnis, perkantoran, dan pusat hiburan yang saling terintegrasi.

Di Gading Serpong, bisnis kuliner telah menjadi salah satu daya tarik utama, karena jenis makanan yang beragam dan experience makan yang berbeda. Teknologi dan perubahan perilaku masyarakat membawa perubahan besar bagi perkembangan dan pengoperasian bisnis F&B, yaitu penyediaan fasilitas servis online dan delivery order, serta experience makan yang berbeda melalui area dine-in indoor dan outdoor yang nyaman.

"Kesuksesan Paramount Land mengembangkan area komersial konektivitas dan aksesibilitas yang sangat tinggi antara Gading Serpong dengan kawasan lainnya di Tangerang Raya dan Jabodetabek membuat kawasan ini semakin terbuka dan mendorong perekonomian Tangerang semakin tumbuh lebih cepat," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.